Cara mengatasi tenggorokan gatal tanpa ke dokter

Ini cara mengatasi tenggorokan gatal yang dapat dicoba tanpa ke dokter, simak selengkapnya berikut ini :

1. Obat batuk dan pelega tenggorokan

Banyak orang meminum obat batuk untuk mengobati gatal dan nyeri di tenggorokan. Namun, obat batuk, termasuk mentol, sebenarnya bisa membuat tenggorokan gatal dalam waktu yang lama.

Permen juga membantu meredakan gatal di tenggorokan dengan meningkatkan produksi air liur yang menghidrasi daerah yang terkena. Penelitian telah menyatakan bahwa rasa manis dari permen membantu mengendalikan batuk.

2. Teh atau sup panas

Hidrasi penting untuk membantu menyembuhkan tubuh Anda. Minum air yang cukup dapat menjaga selaput lendir Anda tetap bersih dan mencegah penumpukan yang tidak menyenangkan di tenggorokan Anda. Suhu hangat juga membantu menenangkan bagian belakang tenggorokan Anda.

Minum minuman panas dan makanan seperti teh dan sup adalah cara mudah untuk menjaga hidrasi dan pada saat yang sama mengurangi iritasi tenggorokan.

3. Madu

Madu juga membantu mengatasi tenggorokan gatal. Madu (2 sdt) mungkin sama efektifnya dengan penekan batuk tertentu dalam mengobati batuk dan radang tenggorokan.

Namun, madu terkadang menyebabkan botulisme, sejenis penyakit yang disebabkan oleh keracunan makanan. Oleh karena itu, anak-anak di bawah usia 1 tahun sebaiknya menghindari asupan madu.

4. Berkumur dengan air garam

Berkumur dalam air garam dipercaya paling efektif melawan rasa gatal dan nyeri pada tenggorokan yang disebabkan oleh virus dan bakteri. Rahasianya adalah dengan menambahkan 1/2 sendok teh garam ke dalam 240 ml atau 1 cangkir air hangat dan berkumur dengan campuran air garam tersebut beberapa kali sehari.