Cara Menulis Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Sesuai dengan namanya, surat lamaran kerja merupakan surat permohonan yang sifatnya resmi dan digunakan sebagai perantara permohanan dari pelamar pekerjaan kepada perusahaan untuk mengisi posisi pekerjaan yang ditawarkan. Surat lamaran pekerjaan ibarat menjadi pintu bagi pelamar pekerjaan agar bisa mendapatkan posisi pekerjaan yang diinginkan. Maka dari itu surat lamaran pekerjaan harus ditulis dengan benar sesuai dengan kaidah kebahasaan dan aturan yang sedang berlaku agar peluang pelamar pekerjaan untuk lolos dan menempati posisi yang diinginkan semakin besar. Umumnya surat lamaran pekerjaan disertai dengan lampiran pendukung yang akan digunakan sebagai bahan penilaian bagi perusahaan untuk menyeleksi calon pelamar, seperti:

  1. Daftar Riwayat hidup (Curriculum Vitae/CV)
  2. Foto copy Ijazah Pendidikan
  3. Foto copy transkrip nilai
  4. Foto copy sertifikat yang dimiliki atau sertifikan pelatihan yang pernah diikuti
  5. Pas foto terbaru

Berbagai lampiran tersebut sifatnya tidak tetap karena setiap perusahaan memiliki persyaratan yang berbeda-beda bagi calon pekerjanya.

Cara Menulis Lamaran Kerja

Menulis lamaran kerja sejatinya tidak serumit kedengarannya. Penulisan lamaran kerja menjadi rumit apabila anda tidak terbiasa pada norma dan sistematika kebahasaan yang baku.

  1. Tanggal dan Tempat Surat

Penulisan tanggal dan tempat sifatnya wajib untuk dicantumkan. Menurut kaidah yang berlaku, penlisan tanggal dan tempat terletak pada bagian kanan atau kiri surat. Penulisan tanggal dan tempat juga tidak boleh disingkat. Maka pastikan untuk menulis tanggal dan tempat sesuai dengan kaidah kebahasaan yang berlaku.

  1. Tujuan Surat

Tujuan surat berisi tujuan dari surat tersebut akan disampaikan. Sebelum menulis tujuan surat, pelamar perlu mengetahui nama dan gelar dari pihak yang akan dijadikan sebagai tujuan surat atau nama perusahaan yang akan dijadikan sebagai tujuan.

  1. Salam Pembuka dan Kata Pengantar

Bagian selanjutnya adalah salam pembuka dan kata pengantar. Salam pembuka yang sifatnya universal adalah “Dengan Hormat”. Anda bisa menggunakan salam tersebut sebagai salam pembuka dalam surat lamaran anda. Selanjutnya, tuliskan mengenai tujuan anda menulis surat lamaran dan posisi yang dituju.

  1. Data Diri

Perusahaan perlu mengetahui identitas siapa saja pelamar yang sedang melamar pekerjaan di perusahaan mereka. Maka dari itu data diri ini penting untuk anda tuliskan. Data diri berupa nama lengkap, jenis kelamin, tempat  dan tanggal lahir, alamat, nomor kontak serta Pendidikan terakhir merupakan data basis yang perlu untuk anda tulis.

  1. Pengalaman Kerja, Kelebihan, atau Keahlian

Hal ini menjadi poin utama bagi perusahaan untuk menerima anda sebagai pegawai. Tentu pihak perusahaan akan menyeleksi dengan seksama dan mencari dari para pelamar siapa yang paling pantas menempati posisi  pekerjaan yang dibuka. Maka anda perlu menuliskan bagian ini dengan serius dan sungguh-sungguh agar peluang anda untuk lolos semakin besar.

  1. Penutup

Bagian penutup umumnya berisi harapan dari pelamar pekerjaan agar dipertimbangkan sebagai calon pegawai di perusahaan tersebut. Bagian penutup juga sebaiknya diberikan ucapan terimakasih kepada pihak perusahaan karena telah membaca surat lamaran pekerjaan yang anda kirimkan.

Contoh Surat Lamaran Kerja

Jika anda masih bingung dengan penjelasan di atas, kali ini ada contoh surat lamaran kerja yang bisa anda jadikan referensi.

Yogyakarta, 17 Agustus 2017

 

Hal: Lamaran Pekerjaan

Yth. Pimpinan

  1. Lingkungan Hidup

Jln. A.M. Sangaji No. 45, Kota Yogyakarta

 

Dengan Hormat,

Sehubungan dengan informasi lowongan kerja yang saya lihat pada media sosial Instagram pada 16 Agustus 2017, yang menunjukan bahwa saat ini perusahaan bapak/ibu tengah membuka lowongan pekerjaan, maka dengan ini saya ingin melamar pekerjaan sebagai teknisi di perusahaan yang bapak/ibu pimpin.

Data diri:

Nama: Sonic Gunawan

Tempat, tanggal lahir: Jakarta, 11 mei 1995

Pendidikan terakhir: S1-Teknik Lingkungan

Alamat: Jln. Jend. Sudirman 6643

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan beberapa dokumen:

  1. Daftar Riwayat Hidup
  2. Resume Kerja
  3. Fotocopy Ijazah terakhir
  4. Transkrip Nilai
  5. Fotocopy KTP
  6. Pas Foto 4×6
  7. Surat Pengalaman Kerja

Demikian surat lamaran pekerjaan ini saya buat, besar harapan saya dapat melanjutkan ke tahap berikutnya. Atas perhatian Bapak/Iby saya ucapkan banyak terimakasih.

 

Hormat Saya,

 

Sonic Gunawan

 

Cara penulisan surat lamaran kerja dan contoh surat lamaran kerja di atas diharapkan dapat membatu anda. Jika anda merasa ragu akan surat lamaran kerja yang telah anda buat maka anda bisa meminta bantuan pada jasa penulis artikel untuk menyunting surat lamaran pekerjaan anda agar sesuai dengan kaidah kebahasaan atau anda juga bisa meminta bantuan jasa penulis artikel dalam menuliskan surat lamaran kerja milik anda.

 

Scroll to Top