Mengintip Wisata Makam Mbah Marijan

Artikel ini mengulas tentang wisata makam Mbah Marijan di Jogja. Sebagian orang mungkin sudah tidak asing lagi dengan nama dan sosok mbah Marijan. Simak selengkapnya berikut ini tentang wisata makan mbah Marijan yang masuk dalam lava tour merapi.

Yogyakarta merupakan salah satu destinasi populer tanah air dan dunia. Kota gudeg ini punya banyak sekali spot wisata. Mulai dari wisata berbasis alam seperti pantai, bukit, dan wisata alam lainnya.

Selain itu, Jogja juga dikenal dengan wisata budaya, sejarah, edukasi dan wisata kekinian. Kreativitas Jogja berhasil mendesain berbagai model wisata membuat orang orang tertarik untuk mengunjunginya.

Tentang Wisata Makam Mbah Marijan

Wisata makam mbah Marijan. Adalah salah satu spot wisata di Jogjakarta. Dari Sini, dapat melihat sisa-sisa erupsi gunung Merapi di Kaliadem, sebuah hal yang menarik. Wisatawan juga dapat mengunjungi makam Mbah Marijan.

Siapa Mbah Marijan?

Siapa mbah Marijan? sebagian kita mungkin sudah mengetahui.  Mbah Marijan sendiri adalah juru kunci gunung Merapi. Beliau semasa hidup dikenal sebagai juru kunci gunung merapi yang ada di wilayah Jogja.

Semasa hidup, gunung merapi adalah bagian penting dalam hidup mbah Marijan. Rumah beliau bahkan dekat dengan gunung ini. Beliau sehari hari bertugas "mengurusi" gunung merapi.

Bahkan saat gunung merapi erupsi, sebagai juru kunci mbah marijan tak pergi meninggalkannya. Beliau pun menjadi salah satu korban letusan gunung merapi tahun 2010. Sampai sekarang, mbah Marijan dikenang namanya sebagai sosok setia dan pemberani sebagai juru kunci gunung merapi.

Nah untuk mengenang beliau, maka dibuatlah makam Mbah Marijan. Ternyata, seiring waktu, makam Mbah Marijan sering dikunjungi oleh para wisatawan yang berlibur ke Jogja.

Banyak orang kagum atas dedikasi Mbah Marijan menjadi juru kunci gunung aktif itu. Sehingga ketika beliau wafat, orang orang menziarahi makamnya.

Biasanya, peziarah makam Mbah Marijan sekaligus berwisata di objek wisata lava gunung merapi yang tak jauh dari lokasi makam.

Etika Ziarah ke Makam Mbah Marijan

Wisata ziarah berbeda dengan wisata umum lainnya. maka ketika berwisata ziarah ke makam mbah Marijan, biasanya pengunjung yang datang kesana menjaga etika. Misalnya, berlaku sopan di sekitar area makam, menjaga sikap, tidak membuang sampah sembarangan dan mendoakan beliau.

Lokasi Makam Mbah Marijan

Lokasi makam mbah Marijan ada di Dusun Kinahrejo, sebelah barat Kaliadem, Kaliurang, Sleman Jogjakarta. Kalau di Kaliadem, cobalah sempatkan untuk berkunjung ke makam Mbah Marijan di Dusun Kinahrejo.

Wisata Di Sekitar Makam Mbah Marijan

Setelah anda mengunjungi wisata makam mbah Marijan. Anda juga dapat mengunjungi wisata lain yang dekat dengannya.

Misalnya saja, berkunjung ke objek wisata Bebeng. Lokasinya ada di bagian timur wilayah Kaliurang Sleman. Dulu, kawasan wisata ini adalah daerah wisata konservasi.

Objek wisata alam Bebeng Kaliurang ini biasanya ramai dikunjungi oleh para pelajar, pecinta alam dan para pendaki untuk camping.

Pemandanganya indah dan juga udaranya sejuk segar, sehingga nyaman mendirikan kemah disini. Selain itu, anda juga bisa mengunjungi wisata lainnya di sekitar makam mbah marijan.Cobalah mengunjungi wilayah Kaliurang. Di wilayah ini panoramanya asri alami dan hijau, ditambah udaranya segar.

Nah itulah tadi sedikit ulasan tentang wisata makam Mbah Marijan di Jogja. Ketika berwisata kesana, ada pelajaran yang bisa diambil. Pengunjung dapat melihat bagaimana dahsyatnya letusan gunung merapi pada 2010. Sekaligus mengenang Mbah Marijan sebagai sosok yang berdedikasi, pemberani dan setia sebagai juru kunci gunung merapi.