Ciri Khas Desain Rumah Joglo Klasik Modern

Saat ingin mendesain rumah impian, banyak juga masyarakat Indonesia yang menyukai budaya asli Indonesia, sehingga memilih mendesain rumah dengan gaya desain rumah joglo klasik modern. Karena dengan desain rumah ini, selain memiliki nuansa klasik khas jawa yang kental, rumah juga memiliki tampilan yang lebih artistik dan berkelas.

Untuk kamu yang tertarik dengan desain rumah joglo klasik modern, kamu mungkin perlu mengetahui beberapa pengetahuan tentang rumah joglo di bawah ini.

Ciri Khas Desain Rumah Joglo

Rumah Joglo adalah rumah adat yang berasal dari Jawa Tengah yang dimana bahan atau material utama bangunan terbuat dari kayu. Bentuk rumah joglo juga memiliki ciri khas tersendiri dengan atap berbentuk mengerucut seperti sebuah gunung.

Selain itu, rumah joglo juga memiliki ciri khas dengan memiliki ornamen  dan ukiran pada kayu bangunannya. Dan yang membuat rumah joglo menjadi unik dalam pembangunannya juga ada kententuan. Seperti harus mempunyai tiang penyangga atap yang dinamakan soko guru dan terdapat juga pintu dan jendela yang terbuat dari kayu dengan hiasan ukiran.

Jenis-Jenis Rumah Joglo Klasik Modern

Tapi saat ini rumah joglo bukan hanya digunakan sebagai rumah adat saja, banyak orang juga membuat rumah joglo sebagai hunian mereka sebagai rumah klasik modern.  Jadi untuk kamu yang tertarik membangun rumah dengan konsep rumah joglo mungkin bisa mengetahui jenis-jenis rumah joglo berikut ini.

1. Rumah Joglo Paviliun

Rumah Joglo paviliun adalah sebuah bangunan lebar yang terdapat tempat untuk berkumpul bersama. Model rumah joglo ini juga bisa dikombinasikan dengan adanya kolam ikan kecil dibagian depannya. Sehingga akan menambah kesan rumah menjadi lebih nyaman dan sejuk. Sama seperti rumah joglo pada umumnya, rumah joglo jenis ini juga memiliki hiasan kayu yang diukir dan memiliki nuansa kental khas Jogja.

2. Rumah Joglo Minimalis

Kamu mungkin juga bisa mempertimbangkan membangun rumah dengan desain rumah joglo minimalis.Karena rumah ini memiliki ciri khas atap rumah joglo dikombinasikan dengan bangunan menggunakan material batu bata yang cantik.

Untuk memperindah rumah, kamu juga bisa menambahkan taman kecil di depan rumah untuk membuat rumah tampak lebih sejuk dan nyaman.

3. Rumah Joglo Atap Dekorasi

Kamu juga bisa mendapatkan inspirasi rumah joglo yang unik dengan membangun rumah joglo dengan atap dokrasi. Kamu bisa membuat ornamen atap rumah joglo dengan dekorasi yang unik. Sehingga oranamen unik ini akan membuat rumah joglo jadi lebih menarik dan berbeda dibandingkan rumah joglo lainnya.

4. Rumah Joglo Modern Minimalis

Untuk membangun rumah joglo yang kekinian, kamu bisa mengkombinasikan bangunan modern dengan bangunan klasik rumah joglo. Jadi kamu bisa membangun rumah dengan dinding batu bata, tetapi bagian atap rumah menggunakan atap rumah khas joglo.

Sehingga kamu bisa memiliki rumah minimalis modern dan memiliki salah satu ciri khas rumah joglo yaitu dari menggunakan desain atap rumah khas joglo.

Dekorasi Khas Rumah Joglo

Setelah mengetahui ciri khas rumah joglo dan jenis-jenis rumah joglo klasik modern. Kamu juga bisa mengertahui macam-macam dekorasi khas rumah joglo. Beberapa dekorasi rumah joglo khas yang harus kamu ketahui seperti :

  • Atap rumah Joglo dengan bentuk mirip gunung dengan bentuk mengerucut ke atas

  • Pintu Kayu Gebyok dengan memiliki ciri khas kayu ukiran

  • Ukiran Lukisan Kayu juga menjadi salah satu dekorasi khas dari rumah joglo

  • Lampu Antik juga sering digunakan di ruang keluarga atau ruang tamu dengan model gantung

  • Interior Rumah Joglo menggunakan kayu jati berwarna coklat

  • Mebel dari Ukiran Kayu jati

  • Barang-barang Antik yang menambah kesan nuansa klasik jawa yang kental

Jika kamu ingin mendesain rumah joglo minimalis modern tetapi belum memiliki konsep jelas, saran terbaik kamu kamu wajib menggunakan jasa desain rumah.