Cara Memainkan Permainan Tradisional Rangku Alu

Rangku alu merupakan permainan tradisional Indonesia yang berasal dari Nusa Tenggara Timur. Permainan ini biasanya dilakukan anak-anak saat sedang musim panen. Permainan ini bermanfaat untuk melatih konsentrasi hingga ketangkasan pada anak. Lalu, bagaimana cara memainkannya?

Cara Bermain

  1. Membentuk Dua Kelompok

Untuk memainkan permainan ini, dibutuhkan dua kelompok yang memiliki tugas berbeda yaitu sebagai kelompok yang bermain dan kelompok yang berjaga. Pada setiap kelompok bermain, terdapat 1 hingga 4 orang. Sedangkan, kelompok berjaga berisikan 4 hingga 6 orang .

  1. Menyediakan 2 Pasang Bambu Sebagai Perlengkapan

Setelah membentuk kelompok, peralatan serta perlengkapan juga dibutuhkan dalam memainkan rangku alu ini. Bilah bambu dengan jumlah 2 pasang diperlukan untuk memainkan permainan ini. Dua pasang bamboo ini nantinya dibuat secara menyilang saat dibawa oleh kelompok berjagam dan nantinya akan dibuka tutup sesuai dengan irama.

  1. Mulai Bermain

Setelah kelompok terbentuk dan peralatan telah tersedia, kemudian permainan ini bisa dimainkan. Saat dua pasang bamboo di buka dan tutup,setiap pemain dalam kelompok pemain akan masuk ke dalam bamboo dan menari serta melompat-lompat dengan menghindari jepitan bambu. Hal ini dilakukan berulang kali hingga salah satu pemain terkena jepitan bambu ini.

Nah, itulah cara memainkan permainan tradisional yang bernama rangku alu. Tampak mengasyikkan, bukan? Jika Anda kesulitan untuk memainkan ini karena jumlah bambu yang terbatas, Anda juga bisa mengajak anak untuk memainkan alternative permainan yang memiliki manfaat serupa dengan permainan ini, seperti permainan playground atau permainan fisik lainnya.