Penyebab Lantai Rumah Bocor Dan Cara untuk Mengatasinya

Banyak orang yang masih merasa awam dengan lantai yang bocor. Akan tetapi jika sudah merasakannya mereka akan tahu bagaimana kejadian ini bisa bermula. Lantai yang bocor mungkin masih asing. Akan tetapi ada beberapa hal yang menyebabkan hal tersebut. Bocornya lantai rumah tidak seperti bocor pada atap yang langsung terlihat. Mereka tidak terlihat tapi akan membuat lantai tiba-tiba basah. Pada lantai yang bocor ini banyak orang yang tidak paham bagaimana cara untuk mengatasinya. Mereka juga tidak paham apa penyebabnya. Memang lantai rumah adalah salah satu media yang dipakai untuk memberikan akses terbaik dalam belajar dan bermain dengan anak. Ada beberapa penyebab mengapa lantai rumah gampang bocor.

Faktor Yang Mempengaruhi Lantai Bocor

Banyak faktor yang mempengaruhi mengapa lantai rumah menjadi bocor. Tak sedikit orang yang tidak tahu mengapa rumah mereka bisa tiba-tiba basah padahal tidak ada air. Hal ini karena adanya celah antara satu keramik atau satu ubin dengan ubin yang lain. Ubin yang mereka pakai ini mungkin sudah terlalu lama sehingga akan membuat hal ini terjadi. Renggangnya ubin di lantai juga menjadi penyebab mengapa orang bisa mengalami lantai bocor. Karena faktor tersebut lah banyak pihak harus memastikan lebih dulu jika tidak ada kendala yang terjadi. Pengaruh ini bukan hanya dari ubin yang renggang saja akan tetapi juga dari salah faktor tanah. Tanah yang mereka pakai ini biasanya mengandung banyak air sehingga sangat mempengaruhi lantai. Lantai yang terus menerus tertekan membuat orang yang menggunakan harus extra hati-hati. Mereka memberikan kendala di kemudian hari. Untuk itu lah lantai yang bocor bukan hanya dari kesalahan tukang saat melakukan pemasangan akan tetapi juga karena kondisi di dalam lingkungan itu sendiri. Bisa saja ruangan yang lembab karena dekat dengan kamar mandi membuat banyak air mungkin saja hadir. Dan hal tersebut yang bisa membuat lantai gampang bocor. Penyebab ini lah yang membuat orang-orang menjadi lebih gampang terkena lantai bocor. Untuk mengatasi masalah tersebut ada beberapa hal yang bisa dimaksimalkan dan digunakan untuk mengatasi kondisi tersebut. Cukup dengan mengetahui dari mana asal kebocoran tersebut maka akan tahu bagaimana cara mengatasinya.

Cara Mengatasi Lantai Yang Bocor

Untuk mengatasi lantai yang bocor, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Yang pertama adalah dengan melihat penyebab lebih dulu. Karana satu penyebab dengan yang lain punya solusi yang berbeda. Cara melihat penyebab atau faktor adalah dengan memastikan lebih dulu kondisi lingkungan sekitar. Sering kali orang-orang tidak awas dengan kondisi lingkungan dan malah membuat masalah makin banyak. Setelah mendapat masalah atau faktor penyebab, maka perhitungkan letak dari ubin yang bocor. Bisa saja letaknya di depan pintu atau di tengah-tengah ruangan. Hal ini tentunya punya cara pengerjaan yang sedikit berbeda. Oleh sebab itu, memastikan lantai yang mereka perbaiki juga jadi hal yang penting. Dari sini, baru lah bisa diambil keputusan apakah akan dibongkar atau hanya di tambal saja. Karena nantinya hasilnya tergantung dari kondisi lantai masing-masing. Pastikan cara yang diambil harus sesuai dengan kondisi tanah dan lingkungan. Hal ini supaya tidak perlu adanya pengerjaan dua kali yang akan memakan waktu cukup lama. Dengan mengatasi hal tersebut maka kemungkinan bocor juga tak akan terulang. Lebih mudah lagi jika menggunakan epoxy dengan kandungan yang akan membantu untuk mendapat kenyamanan dan kualitas.