Ketahui Beberapa Penyebab Nyeri di Dada Tengah

Rasa nyeri yang muncul di bagian dada tengah merupakan salah satu gejala terjadinya gangguan kesehatan. Sehingga, penderita perlu segera mendapatkan penanganan medis agar gejala tersebut tidak menimbulkan komplikasi atau kondisi fatal. Rasa nyeri yang ada di bagian dada tengah dapat disebabkan oleh beberapa hal. Salah satunya adalah emboli paru. Kondisi ini diakibatkan adanya pembekuan dalam darah yang ada di pembuluh vena. Sehingga, sirkulasi darah menjadi terganggu dan penderita akan merasakan nyeri di dada yang disertai dengan kondisi sesak napas.

Selain emboli paru, rasa nyeri yang muncul di dada tengah juga diakibatkan oleh adanya sumbatan pada arteri sehingga penderita bisa mengalami serangan jantung secara mendadak. Hal ini dikarenakan arteri bertugas menyuplai darah menuju otot jantung. Sehingga, jika suplai ini terganggu, penderita bisa mengalami serangan jantung secara mendadak. Penderita akan merasakan rasa nyeri seperti tertusuk atau ditekan di dada bagian tengah hingga mengalami sesak napas.

Rasa nyeri yang terjadi di bagian dada tengah juga bisa disebabkan oleh penyakit pneumonia. Pada penderita pneumonia, mereka akan merasa nyeri di dada seperti tertusuk benda tajam. Selain itu, penderita juga akan mengalami demam tinggi dan batuk yang parah. Kondisi ini mengharuskan penderita pneumonia untuk segera dibawa ke fasilitas kesehatan agar bisa mendapatkan pemeriksaan secara mendalam.