Simak Cara Menggunakan, Manfaat, dan Rekomendasi Mesin Pembuat Pakan Ayam

Kini penggunaan teknologi tidak luput dari aktivitas manusia sehari-harinya. Hal ini karena teknologi membawa banyak manfaat seperti penggunaan mesin pembuat pelet ayam. Dengan ini, manusia membuat makanan untuk ayam lebih mudah dan cepat. Berikut informasi lebih lengkap mengenai mesin ini mulai pengertian hingga beberapa rekomendasi mesinnya.

Istilah Pellet Ayam yang Wajib Diketahui

Pellet merupakan bahan pakan ayam yang dipadatkan dan kerap berbentuk bulat panjang kecil. Bahan dari pakan ini dibuat dari bahan konsentrat dengan beberapa campuran vitamin serta obat sebagai pakan untuk ternak. Tujuan dari pakan ini untuk mengurangi sifat keambaan pakan.

Manfaat dari Pakan Ayam yang Perlu Kamu Ketahui

Menurut Patrick, Schaible 1970, serta Stevent 1981, beberapa manfaat dari pakan ayam yaitu mampu meningkatkan efisiensi serta konsumsi pakan, meningkatkan metabolisme pakan, membunuh bakteri pathogen, menghindari jumlah pakan yang terbuang, memperpanjang usai penyimpanan, mencegah adanya oksidasi vitamin, serta meningkatkan kadar densitas pakan.

Kenali Mesin Pembuat Pelet Ayam

Agar mendapatkan hasil pellet ayam yang berkualitas dan memperoleh manfaatnya dengan maksimal adalah dengan menggunakan alat yang memadai serta produsen mesin yang mampu memproduksi mesin pakan ayam yang berkualitas. Dengan pellet yang berkualitas, kualitas dan kuantitas ternak akan meningkat.

Pada saat ini ada banyak berbagai macam mesin pembuat pakan ayam. Hal ini menyebabkan banyak cara yang dimiliki oleh mesin pembuat pelet ayam dalam menghasilkan pakan ayam. Salah satunya adalah dengan cara putaran yang cepat atau lambat dibantu oleh transmisi puli atau roda gigi.

Cara Kerja dari Mesin Pellet dengan Roda Gilas

Cara kerja dari mesin pellet dimulai dengan memasukkan bahan campuran dari pellet ke dalam corong dengan sedikit demi sedikit secara terus menerus. Di dalam mesin, ada roda gilas yang menekan bahan untuk masuk ke dalam piringan dies atau cetakan yang berbentuk bulat kecil. Piringan ini diputarkan oleh motor.

Alhasil, bahan pelet tergiling karena tekanan dari piringan dies yang dimana roda gilas berputar bebas dari bantalannya dan diberikan tekanan oleh baut di antara ujungnya. Hasil tekanan ini keluar melalui celah dies yang terkecil serta menghasilkan pellet berbentuk padatan panjang yang dipotong oleh sirip atau pisang yang jatuh ke atas corong.

Beberapa Rekomendasi Alat Pakan Ayam yang Bisa Dipilih

  1. Mesin Hammer Mill

Mesin pertama yang bisa dijadikan pilihan sebagai pembuat pakan ayam yaitu Hammer Mill. Tidak hanya menghasilkan pellet ayam, mesin ini juga bisa menepungkan berbagai macam bahan kering seperti ikan kering dan biji-bijian. Cara kerja dari Hammer Mill yaitu dengan memukul bahan sampai hancur.

  1. Mesin Sortasi Pakan Ayam atau Pellet K200

Mesin pakan ayam selanjutnya yang tidak kalah bagus adalah mesin sortasi pelet K200 yang berfungsi untuk menyortir bahan pakan ayam yang kering sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Mesin ini tergolong dalam rangkaian alat produksi pakan ternak ayam yang disebut dengan mesin pembuat pelet menggunakan tenaga listrik.

  1. Alat Penepung Alloy Steel

Mesin selanjutnya yang bisa menghasilkan pakan ayam berkualitas yaitu mesin penepung FFC23 Alloy Steel. Mesin ini biasa disebut dengan Disk Mill untuk menghasilkan aneka tepung. Tujuan dari mesin ini yaitu mempermudah penggunaan mengemas dan mengangkut. Bahan tepung yang bisa dihasilkan yaitu tepung beras, singkong, dan lainnya.

Demikian informasi mengenai mesin pembuat pakan ayam mulai dari istilahnya, cara kerjanya, hingga beberapa rekomendasi alatnya yang bisa digunakan. Tentunya, kamu telah menemukan produk yang menarik. Kamu bisa menemukan berbagai alat pembuat pellet di jual mesin raya yang menawarkan berbagai macam mesinnya.