Bagaimana Cara Mengatasi Pendarahan Pada Kulit Dengan Tips Cepat dan Praktis?

 

Pendarahan pada kulit menjadi gangguan yang sering dialami oleh semua orang. Ini disebabkan oleh berbagai macam faktor karena luka maupun bakteri dan virus. Ketika mengalami masalah ini jangan dianggap sepele. Hal ini karena jika dibiarkan akan menyebabkan timbulnya berbagai macam gangguan kulit yang lebih berbahaya.

Oleh karena itu saat mengalami pendarahan pada kulit yang tidak kunjung sembuh maka harus dilakukan pemeriksaan. Akan tetapi sebelum itu Anda belum melakukan berbagai tindakan pertolongan pertama untuk mengatasi pendarahan pada kulit. Bagaimana caranya? Yuk simak penjelasan berikut ini .

  • Kompres kulit dengan air dingin

Apabila seketika mengalami pendarahan pada bagian kulit maka segeralah ambil kain yang sudah direndam di air dingin lalu kompres pada bagian kulit yang mengalami pendarahan. Pendarahan ini biasanya disebabkan karena pembuluh darah yang membesar. Dengan mengkompres air dingin ke kulit maka akan membantu memperkecil pembuluh darah dan juga mampu menekan keluarnya darah dari dalam kulit.

  • Gunakan antiseptik

Ketika kulit mengalami pendarahan maka segera bersihkan. Setelah itu Anda bisa mengoleskan zat antiseptik pada bagian luka tersebut. Ini akan membantu mencegah virus dan bakteri yang masuk melalui bagian kulit yang mengalami pendarahan. Anda bisa mendapatkan antiseptik di apotek maupun toko obat terdekat. Ini juga akan menimbulkan sensasi dingin pada kulit sehingga bisa mencegah terjadinya peradangan yang lebih berbahaya.