Manfaat Buah Mahoni Yang Jarang Diketahui

Kita tahu bahwa kayu mahoni merupakan salah satu jenis kayu yang umum digunakan untuk dijadikan sebagai bahan membuat furniture. Tetapi tahukan kamu bahwa pohon mahoni memiliki buah yang bisa digunakan sebagai obat?

Pada pohon mahoni terkadang terdapat buah dengan bentuk bulat mirip seperti telur dengan warna coklat. Di dalam buah mahoni ini terdapat biji mahoni yang berbentuk pilih dengan ujung yang tebal. Di dalam setiap buah mahoni, umumnya terdapat 35 biji sampai 45 biji mahoni di dalamnya.

Manfaat buah mahoni ini sebenarnya berasal dari biji yang ada di dalamnya ini, berikut ini adalah manfaat buah mahoni untuk kesehatan.

1. Menurunkan kadar lemak dalam darah

Manfaat buah mahoni pertama yang perlu kamu ketahui adalah bisa membantu tubuh untuk menurukan kadar lemak. Dengan mengkonsumsi ekstrak yang dibuat dari biji buah mahoni, kita bisa menurunkan kolesterol total atau kolesterol jahat (LDL) dengan efektif.

Dengan manfaat ini, maka risiko terkena penyakit kardiovaskulas seperti penyakit stroker, serangan jantung dan jantung koroner akan berkurang.

2. Menurunkan tekanan darah

Manfaat buah mahoni lainnya adalah untuk menurunkan tekanan darah terutama pada penderita hipertensi. Kandungan flavonoid yang ada di dalam buah mahoni ini bisa membantu tubuh untuk menurunkan tekanan darah.

Di dalam buah mahoni juga terdapat kandungan natrium dan kalium yang bermanfaat untuk menajaga tekanan darah normal. Tidak hanya baik untuk penderita hipertensi, tetapi buah mahoni juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem saraf dan fungsi kardiovaskular.

3. Mengobati diabetes

Selain bermanfaat untuk menurunkan kadar lemak dalam darah dan menurunkan tekanan darah. Buah Mahoni juga bermanfaat untuk penderita diabetes tipe 2. Kandungan yang terdapat pada buah atau biji mahoni ini berfungsi untuk menghambat penyerapan gula pada usus dan meningkatkan produksi hormon insulin.

Selain manfaat buah mahoni yang dijelaskan di atas, biji dan buah mahoni juga bermanfaat untuk mengobati malaria, membunuh sel kanker, dan melawan berbagai infeksi.