3 Manfaat Buah Jambe atau Buah Pinang, Tidak Bisa Diremehkan!

Jika belum familiar dengan buah jambe, bagaimana dengan buah pinang ? Mengunyah biji buah jambe atau buang pinang sudah sejak lama dikenal sebagai tradisi masyarakat. Di balik tradisi tersebut yang sampai sekarang kabarnya masih sering dilakukan, ternyata ada banyak sekali manfaat buah jambe. Berikut beberapa di antaranya.

Manfaat dari Buah Jambe

  1. Mengatasi Mulut Kering

Manfaatnya yang mampu membantu mengatasi mulut kering mungkin menjadi salah satu alasan kenapa masyarakat zaman dulu sering mengunyah biji buah jambe. Hal ini dikarenakan buah pinang dapat memicu keluarnya air liur sehingga mulut tidak akan kering. Namun sebaiknya mengunyah biji pinang tidak dilakukan terlalu sering, karena berisiko memicu kanker mulut.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Buah jambe juga bermanfaat dalam menjaga kesehatan jantung. Sebuah penelitian yang dilakukan di India telah membuktikan hal ini, bahwa buah pinang berpotensi dalam memperkuat otot jantung dan mengatur detak jantung yang tidak beraturan. Bahkan efeknya bisa terlihat hanya dalam beberapa menit setelah mengunyah biji jambe.

  1. Pemulihan Stroke

Dalam proses pemulihan stroke, anda bisa menggunakan buah pinang untuk membantu. Karena ekstrak pinang tercatat memiliki pengaruh yang bagus dalam perbaikan kemampuan bicara, kekuatan otot pada pasien, dan kontrol kandung kemih. Akan tetapi penelitian ini masih tergolong kecil, sehingga diperlukan lebih banyak penelitian lagi untuk membuktikannya.

Meskipun buah jambe punya banyak manfaat, namun mengunyah biji jambe terlalu sering juga diketahui memiliki risiko tersendiri. Jadi apabila anda ingin memanfaatkan buah tersebut sebaiknya dalam skala wajar. Atau lakukan konsultasi terlebih dahulu dengan ahli supaya pemanfaatannya tetap aman.