Nasi Megono dan Garang Asem Kombinasi Kuliner Khas Pekalongan yang Menarik

Perpaduan dua jenis makanan yang saling mendukung selalu menjadi sebuah pengalaman kuliner yang tidak terlupakan. Sebenarnya banyak sekali orang yang gagal menikmati makanan enak karena makanan ini tidak dinikmati bersama dengan makanan lain yang mendukung sehingga rasanya tidak terlalu spektakuler. Di daerah Pekalongan terdapat kombinasi makanan yang cukup menarik untuk dinikmati yaitu perpaduan Nasi Megono dan Garang Asem.

 

Nasi Megono adalah sebuah hidangan nasi yang sudah dilengkapi dengan nangka muda dan parutan kelapa sebagai topping. Jadi nasi ini bisa dimakan tanpa lauk dan tetap terasa enak. Nasi ini kemudian dikembangkan menjadi salah satu hidangan di warung-warung dan pilihan lauk yang bisa digabungkan dengan nasi ini jug menjadi lebih banyak dan luas. Nasi Megono merupakan hidangan khas Pekalongan tapi banyak juga ditemukan di berbagai derah Jawa lainnya.

 

Garang Asem dinyatakan sebagai makanan yang umum ditemukan di daerah Jawa Tengah. Makanan ini adalah olahan ayam yang dibungukus dengan daun pisang kemudian diberikan bumbu pedas dan asam. Makanan ini ditemukan di Pekalongan dengan gaya berbeda dimana yang diolah adalah daging dan tidak selalu dibungkus dengan daun pisang. Ketika dipadukan dengan Nasi Megono makanan ini terasa lebih meriah dengan dukungan gurih dari santan dan Nasi Megono juga lebih kaya rasa karena dukungan dari bumbu asam dan pedas dari Garang Asem.