5 Kesalahan Pemberian Susu Di Botol Yang Wajib Bunda Hindari!

Botol menjadi sarana yang bisa anda gunakan untuk membantu anak saat minum susu formula maupun ASIP. Ternyata ada banyak faktor yang perlu diperhatikan saat anda hendak memberikan susu lewat botol kepada di kecil. Berkaitan dengan hal tersebut, yuk intip apa saja kesalahan pemberian susu di botol yang kerap bunda lakukan!

Kesalahan Saat Memberikan Susu Lewat Botol

  1. Memberikan Susu Setiap Anak Menangis

Banyak sekali orang tua yang langsung memberikan susu saat anaknya menangis atau rewel. Perlu anda tahu bahwa si kecil tidak selamanya menangis saat sedang lapar. Bisa jadi mereka memberikan reaksi tersebut karena ada sesuatu yang tidak nyaman. Kebiasaan memberikan susu saat anak menangis akan membuat mereka terlalu kenyang dan muntah.

Hal tersebut juga akan mengganggu jadwal makan si anak. Alhasil berat badan mereka akan naik diatas rata arat bayi pada umumnya. Sejatinya hal tersebut tidak baik dan perlu bunda hindari agar proporsi tubuh mereka tetap terjaga dan sehat. Cara terbaik bagi anda untuk memastikan jika bayi mendapat nutrisi yang pas adalah dengan membuat jadwal minum susu yang teratur.

  1. Memanaskan Susu Di Microwave

Fungsi utama microwave adalah untuk memanaskan makanan dengan praktis dan cepat. Namun sejatinya, perangkat tersebut dapat membunuh mineral dan vitamin yang ada di dalam susu. Suhunya yang terlalu tinggi juga akan merusak kandungan protein yang ada di dalam susu sehingga manfaatnya tidak bisa dirasakan oleh tubuh.

Cara terbaik bagi anda untuk menghangatkan susu baik ASI maupun formula adalah dengan mencelupkan botol ke dalam air hangat. Dengan begitu suhu susu di dalamnya akan menjadi hangat sesuai dengan suhu air yang digunakan untuk merendamnya. Jika ingin lebih praktis, anda bisa menggunakan alat yang bernama bottle warmer.

  1. Membuat Susu Yang Terlalu Encer

Susu yang baik bagi anak adalah yang takarannya pas sesuai dengan petunjuk penggunaannya. Ikuti setiap takaran yang diberikan agar nutrisi yang terkandung didalamnya sesuai dengan kebutuhan si kecil. Susu formula yang terlalu encer bisa menyebabkan penyerapan nutrisi tidak maksimal. Bayi hanya akan kekenyangan air namun tidak mendapat manfaat yang diinginkan.

  1. Menyimpan Stok Susu

Kesalahan keempat yang juga kerap dilakukan oleh bunda adalah menyimpan stok susu dalam jumlah yang terlalu banyak. Kebiasaan ini sering dilakukan, terlebih saat dalam perjalanan jauh. Tujuannya agar lebih praktis karena susu bisa langsung diminum tanpa diseduh. Namun nyatanya, susu yang telah diberi air dalam waktu 2 jam dalam suhu ruang sudah tidak boleh dikonsumsi lagi.

ASIP memang lebih tahan lama, namun bukan berarti anda bisa membiarkannya di suhu ruang selama berjam jam. Anda perlu meletakkannya di dalam lemari pendingin agar kualitasnya tetap terjaga. Akan sangat disayangkan jika si kecil mengkonsumsi susu yang kualitasnya sudah menurun. Bahkan akan lebih bahaya jika kandungan susu sudah berubah menjadi basi.

  1. Membiarkan Anak Tidur Dengan Botol Di Mulut

Kesalahan Pemberian Susu Di Botol yang berikutnya adalah membiarkan anak dengan posisi botol yang masih menempel di mulut. Hal tersebut sangat berbahaya karena susu bisa membuat mereka tersedak dan kesulitan bernapas karena muntahannya sendiri. Selain itu, kebiasan tersebut dapat merusak gusi dan gigi karena bisa menjadi sarang bakteri.

Akan lebih baik jika anda menemani si kecil saat sedang minum susu menjelang tidur. anda bisa berbaring disamping anak sekaligus menepuk nepuk tubuhnya agar mereka lebih cepat terlelap.  Selain menghindari kesalahan pemberian susu botol, anda juga harus memastikan bahwa si kecil menggunakan botol susu anti kolik. Botol tersebut tidak akan membuat bayi menjadi kembung.