Kereta Api Serelo

Kereta Api (KA) Serelo merupakan kereta api yang dioperasikan PT KAI Divisi Regional III Palembang. Kereta api yang melayani perjalanan kelas ekonomi ini menempuh jarak 306 km dari Kertapati ke Lubuklinggau, Sumatera Selatan.

Kereta Api Serelo mulai beroperasi pada tahun 2000 dengan melayani penumpang yang ingin bepergian ke Stasiun Kertapati, Payakabung, Prabumulih, Muaraenim, Lahat, Bungamas, Sukaraja, Saungnaga, Tebingtinggi, Muara Saling, Kotapadang, dan Lubuklinggau. Dengan kata lain, kereta api ini melayani rute Kertapati–Lubuklinggau dan sebaliknya.

Sebelum KA Serelo mulai beroperasi, terdapat Kereta Api Bukit Sulap yang melayani rute Kertapati–Lubuklinggau pada siang hari. KA Bukit Sulap merupakan kereta api yang terdiri dari kelas ekonomi, bisnis, dan eksekutif.

Dalam perkembangannya, Kereta ApiBukit Sulap kemudian dipecah pelayanannya menjadi KA Sindang Marga yang berupa kereta kelas eksekutif dan bisnis serta KA Serelo yang berupa kereta kelas ekonomi. KA Serelo beroperasi pada siang hari, sedangkan KA Sindang Marga beroperasi pada malam hari.

Kereta Api Serelo beroperasi satu kali pulang pergi dalam sehari. Pemberangkatan dari Stasiun Kertapati adalah pada pagi hari pukul 09.30 WIB. Sementara pemberangkatan dari Stasiun Lubuklinggau adalah pada pagi hari pukul 09.00 WIB.

Waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke stasiun akhir (Stasiun Lubuklinggau atau Stasiun Kertapati) adalah kurang lebih 7 jam.