Mengenal Jenis Investasi yang Populer dan Menguntungkan, Cocok untuk Pemula!

Semakin ke sini, banyak masyarakat yang mulai sadar akan pentingnya investasi untuk masa depan. Sayangnya, tidak sedikit pula dari mereka yang belum mengetahui apa saja instrumen investasi yang ada untuk menanamkan modalnya. Maka dari itu, pada pembahasan kali ini akan dijelaskan beberapa jenis investasi yang populer dan menguntungkan yang cocok untuk pemula. Yuk simak.

Jenis Instrumen Investasi yang Populer

  1. Saham

Salah satu instrumen investasi yang begitu populer adalah saham. Karena mampu menawarkan keuntungan yang cukup besar, ada banyak orang yang berminat membeli saham. Terlebih saat ini semakin banyak emiten yang menjual sahamnya di bursa efek. Jadi secara teknis anda akan membeli saham di bursa efek.

Kemudian anda sebagai investor akan memperoleh persentase hak kepemilikan perusahaan yang sahamnya telah dibeli. Keuntungan saham tersebut ada dua bentuk, yaitu dari dividen dan capital gain. Dividen adalah pembagian keuntungan dari perusahaan, sementara capital gain merupakan selisih antara harga beli saham dan harga jualnya. Meski menguntungkan, perlu diingat bahwa saham bersifat high risk high return.

  1. Deposito

Jenis investasi yang tidak kalah populer yaitu deposito. Instrumen investasi ini menjadi populer karena caranya yang mudah dan tidak berbelit belit. Dimana anda akan memperoleh bunga sebagai imbalan, setelah menabung dalam jumlah dan waktu tertentu. Keuntungan dari deposito tersebut adalah tingkat pengembalian yang tetap.

Sehingga bunga yang dijanjikan pun lebih pasti. Akan tetapi, anda tidak bisa menarik uang sebelum mencapai tanggal jatuh tempo yang telah disepakati dalam perjanjian. Apabila memaksa ingin mengambil dana sebelum waktu yang dijanjikan, maka biasanya akan ada penalti yang diberikan.

  1. Reksadana

Reksadana merupakan investasi dimana dana dikumpulkan dari beberapa investor, kemudian digabungkan menjadi satu dan diinvestasikan di berbagai pasar modal. Reksadana ini terbagi lagi menjadi beberapa jenis. Ada reksadana saham, reksadana pasar uang, reksadana indeks, reksadana pendapatan tetap, dan reksadana campuran.

Anda dapat mempertimbangkan jenis investasi reksadana ini karena keuntungan yang ditawarkan relatif stabil dengan risiko yang lebih kecil. Menariknya lagi, anda bisa mulai investasi dengan modal minimal hanya Rp. 100.000 saja. Dan untuk jangka panjang, keuntungan yang diberikan termasuk cukup besar.

  1. Obligasi

Obligasi atau surat utang adalah jenis instrumen investasi yang mirip dengan saham. Namun keuntungan dari investasi lebih dinamis, lalu jumlah uang yang diperoleh cenderung lebih pasti. Di Indonesia sendiri biasanya obligasi mempunyai jangka waktu mulai dari 1 sampai 10 tahun. Jadi sebagai contoh anda membeli obligasi seharga Rp. 10.000.000 untuk jangka waktu 10 tahun dengan bunga 10%.

Sebelum jangka waktu tersebut berakhir, anda masih bisa mengambil uang dengan jumlah bunga yang disesuaikan. Perlu diketahui, bahwa obligasi ini masih terbagi menjadi beberapa jenis. Salah satunya yaitu obligasi pemerintah yang cocok untuk pemula, karena obligasi yang diterbitkan oleh pemerintah ini mempunyai risiko gagal bayar yang lebih rendah.

  1. Emas

Sejak dulu, emas dipercaya sebagai salah satu jenis investasi yang mempunyai nilai cukup stabil. Kini, investasi dalam bentuk emas jauh lebih beragam modelnya. Karena anda tidak hanya dapat berinvestasi emas perhiasan saja. Namun bisa juga berupa emas batangan hingga beragam program tabungan emas.

Itu dia beberapa jenis instrumen investasi yang paling populer dan menguntungkan. Deretan investasi ini cocok untuk pemula, sehingga layak dijadikan pertimbangan. Namun tentunya setiap investasi tersebut mempunyai risiko tersendiri, sehingga dapat disesuaikan kembali dengan profil risiko masing masing. Agar tidak salah langkah, cek analisatrade untuk menemukan tips investasi yang tepat.