Jembatan Gantung Sukabumi

Jembatan Gantung Sukabumi merupakan jembatan gantung yang terletak di Jalan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, lebih tepatnya di Taman Wisata Alam Situ Gunung yang masih termasuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

Jembatan gantung yang juga disebut sebagai Situ Gunung Suspension Bridge ini dibangun di antara dua bukit. Oleh karena itulah pengunjung yang melintasi jembatan ini akan dapat merasakan sensasi menegangkan menyeberangi jembatan di ketinggian 121 meter.

Selain tinggi, Jembatan Gantung Sukabumi juga sangat panjang, yaitu sekitar 243 meter. Panjang jembatan ini memang tidak dapat dibandingkan dengan panjang jembatan biasa. Namun, jembatan gantung ini merupakan jembatan gantung terpanjang di Asia Tenggara.

Situ Gunung Suspension Bridge diresmikan pada 2019 dan menjadi penghubung antara kawasan wisata yang satu dengan kawasan wisata lainnya di taman Wisata Alam Situ Gunung. Selain sebagai penghubung yang memberikan akses jalan, jembatan gantung ini juga menawarkan keindahan hutan di bawahnya yang masih sangat alami dan juga asri.

Jembatan gantung ini terbuat dari empat sling baja yang menjadi penopangnya ditambah dengan banyak kabel penggantung baja agar jembatan mampu menahan beban. Bagian lantai jembatan atau deck dari jembatan ini terbuat dari kayu ulin papua yang dikenal kokoh dan juga kuat, tidak mudah dimakan rayap serta tahan terhadap perubahan cuaca.