Penelasan Mengapa Ikan Paus Berkembang Biak Dengan Cara Yang Unik

Banyak fakta unik tentang ikan paus yang selama ini belum banyak diketahui oleh masyarakat, termasuk pengetahuan tentang bagaimana cara ikan paus berkembang biak.

Terlebih lagi, selama ini ikan paus dikategorikan sebagai spesies ikan pada umumnya, padahal sebenarnya ikan paus adalah mamalia.

Cara Ikan Paus Berkembang Biak

Ikan paus berkembang biak dengan cara seksual antar sesama pasangan. Ikan paus betina yang siap dibuahi umumnya ketika telah mencapai usia dewasa atau matang yakni pada umur 5 – 7 tahun.

Sedangkan ikan paus jantan dikategorikan sebagai ikan paus dewasa ketika mulai memasuki usia 7 tahun – 10 tahun.

Ikan Paus Betina Memilih Pasangannya dengan Suara

Ketika ikan paus betina mengalami fase birahi, ia akan memilih pasangannya sendiri secara khusus dengan memilih suara dari ikan paus jantan yang ia sukai. Setelah mengalami proses pembuahan, ikan paus jantan akan meninggalkan ikan paus betina.

Ikan Paus Melahirkan Anaknya

Sebagai hewan mamalia, ikan paus memiliki cara berkembang biak melalui cara melahirkan anak-anaknya. Dan, ketika dilahirkan anak-anak ikan paus ini akan selalu berada di sisi sang induk selain untuk memperoleh perlindungan diri dari ancaman bahaya juga untuk kebutuhan pakan dari anak-anak ikan paus.

Anak-anak Ikan Paus Menyusu pada Induknya

Selain itu, indukan ikan paus juga memiliki kemampuan untuk memberikan susu kepada anak-anaknya melalui kelenjar khusus yang tersedia di bagian tubuh indukan ikan paus.