Ciri-Ciri dan Karakteristik Ikan Gabus Channa Striata

Saat ini trend ikan hias yang memilihara ikan gabus atau ikan channa kian meningkat, tetapi sayangnya ikan gabus atau channa striata tidak termasuk yang banyak dipelihara. Karena channa striata atau ikan gabus tidak memiliki keunikan dari warna dan motif pada tubuhnya.

Tetapi ikan gabus atau channa striata banyak dicari untuk dikonsumsi. Karena ikan gabus dipercaya bisa membantu untuk mempercepat penyembuhan luka pasca operasi. Sehingga harga dari ikan gabus per kg di pasaran harganya juga cukup tinggi sekitar Rp 60 ribu sampai 80 rib per kg.

Ciri-Ciri dan Karakteristik Ikan Gabus Channa Striata

Untuk lebih mengenal ikan konsumsi yang berkhasiat ini, yuk simak ciri-ciri dan karakteristik ikan gabus berikut ini.

Ciri-Ciri Ikan Gabus

Ikan gabus pada umumnya mudah kita temukan di sawah, parit, kolam, danau, sungai, rawa, dan perairan lainnya seperti perairan payau. Keunikan dari ikan gabus ini tetap bisa beradaptasi dengan baik dilingkungan air yang keruh atau air yang menggenang.

Untuk suhu yang dapat ditolelir oleh ikan gabus untuk habitat hidupnya adalah sampai suhu 30 derajat celcius. Di habitat aslinya, ikan gabus biasa besembunyi di atara rerumputan di perairan untuk mengintai mangsanya.

Karakteristik Ikan Gabus

Secara bentuk ikan gabus merupakan ikan berbentuk bulat memanjang. Untuk bagian siripnya berbentuk kenop dan memiliki rahang yang pendek, berdinding tebal dan memiliki banyak kerutan di bagian dalamnya.

Ikan gabus memiliki perut berukuran besar dan bebentuk Y dan ikan gabus merupakan salah satu jenis ikan predator. Sehingga biasa memangsa ikan-ikan kecil, serangga, kumbang, katak, dan udang.