Mengenal Danau Kakaban, Rumah Ribuan Ubur Ubur di Kalimantan Timur!

Ada yang unik tentang Pulau Kakaban di Kalimantan Timur. Pasalnya pulau ini mempunyai bentuk menyerupai angka 9 dan di tengahnya terdapat sebuah danau. Danau Kakaban sendiri tidak kalah unik, karena air yang mengisi danau merupakan perpaduan dari air tanah, air laut, dan air hujan. Yuk, intip pesona lainnya dari danau menawan ini yang mampu mengundang decak kagum bagi siapa saja.

Pesona Danau di Pulau Kakaban

  1. Sudah Terbentuk Jutaan Tahun Lalu

Siapa sangka jika danau yang berada di tengah Pulau Kakaban di Kalimantan Timur ini merupakan danau purba yang sudah terbentuk sejak jutaan tahun lalu. Menurut perkiraan, proses terbentuknya danau terjadi 1 sampai 2 juta tahun lalu. Dan kemunculannya diakibatkan pulau karang berbentuk cincin dan berukuran sempit yang menyembul ke permukaan.

  1. Habitat Ubur Ubur Jinak

Beragam biota laut menjadikan air yang terjebak di danau sebagai habitatnya. Salah satu fauna yang hidup di sana yaitu ubur ubur. Menariknya ubur ubur yang tinggal di danau telah berevolusi dan mengalami adaptasi terhadap lingkungan air danau. Sehingga kelenjar sengat pada ubur ubur pun mengalami reduksi dan tidak mempan lagi sebagai senjata. Itu karena di sini tidak ada predator yang memangsa ubur ubur.

  1. Sebagai Kawasan Konservasi Perairan Daerah

Danau yang terletak di tengah Pulau Kakaban ini menyimpan empat jenis ubur ubur yang masing masing memiliki ciri khas tersendiri. Sehingga demi menjaga keberadaan ubur ubur tersebut sebagai biota endemik, pemerintah pun menetapkannya sebagai kawasan konservasi perairan daerah.

Keindahan dan keunikan danau di tengah Pulau Kakaban membuatnya acap kali dijadikan sebagai destinasi tujuan wisatawan. Banyak pula yang tertarik untuk melakukan diving dan snorkeling agar dapat melihat ubur ubur lebih dekat. Namun pastikan untuk selalu menjaga kelestarian alam dengan tidak menyakiti ubur ubur dan tetap menjaga kebersihan lingkungan ketika berkunjung.