Ini Dia Contoh Teks Prosedur dan Cara Membuatnya, Mau Tahu?

Secara singkat, teks prosedur di sini menjelaskan langkah-langkah yang informatif dan juga urut. Bahkan, bahasanya sendiri sangat logis sehingga mudah dicerna oleh para pembaca. Untuk itu, kamu perlu memperhatikan ketiga tips berikut ini sebelum membuat teks prosedur tersebut.

Pertama, tentukan topik terlebih dahulu, setelah itu kamu bisa menentukan tujuannya. Jika sudah, cari informasi dari topik yang kamu buat itu tadi. Bisa dari internet maupun media cetak. Setelah itu tinggal sususn kerangka kalimat dan kembangkan informasi tersebut dalam bentuk step by step. Lakukan koreksi dan juga revisi supaya tidak ada kesalahan ya!

Sebagai contoh, kamu bisa membuat teks prosedur mengenai “CARA MENDAFTAR UTBK” di bagian jugulnya. Setelah itu tulis panduan singkat yang nantinya bisa membuat para pembacamu memahami langkah-langkah yang telah dibuat tadi, berikut contohnya.

Pertama, berikan gambaran umum terlebih dahulu mengenai apa itu UTBK. Jika sudah, nantinya di bagian ini kamu harus menunjukkan tujuan dari UTBK tersebut. Coba jelaskan bahwa hasil dari UTBK tersebut nantinya akan digunakan untuk menyaring calon mahasiswa yang  mendaftar ke perguruan tinggi negeri.

Setelah itu, kamu tinggal menggiring para pembaca untuk mengikuti bagaimana proses pendaftaran UTBK itu sendiri. Selesai memberikan langkah-langkahnya, kamu tinggal menutupnya dengan kesimpulan berupa penegasan ulang saja. Nah, bagaimana mudah sekali bukan proses membuat teks prosedur tersebut?