Cara Menghargai Jasa Pahlawan di Lingkungan Sekolah

Menghargai jasa pahlawan di lingkungan sekolah adalah penerapan nilai-nilai yang harus ditanamkan sejak dini. Tujuannya adalah supaya para generasi muda tidak lupa akan jasa perjuangan pahlawan dalam usaha untuk meraih kemerdekaan Indonesia.

Cara menghargai jasa pahlawan di lingkungan sekolah juga cukup mudah dilakukan oleh para pelajar, dan tidak memberatkan. Kamu sendiri bisa memulainya dengan menerapkan jasa pahlawan di lingkungan sekolah dengan cara :

1.      Menghargai dan Menghormati Guru

Guru adalah orang tua kedua ketika di sekolah. Itulah mengapa para siswa perlu menghargai dan menghormatinya. Perhatikan setiap pelajaran yang diterangkan, membantu saat sedang kesulitan, dan memberikan masukan yang mendukung kegiatan mengajar.

2.      Meneladani Sikap dan Perilaku Para Pahlawan

Setelah mengetahui sejarah tentu kamu patut untuk meneladani sikap positif yang dimiliki pahlawan. Contohnya seperti pantang menyerah, disiplin, menumbuhkan toleransi, bertanggung jawab, tak pamrih, serta menjaga persatuan dan kesatuan.

Hal tersebut merupakan perwujudan dari cara menghargai jasa pahlawan yang bisa dilakukan di lingkungan sekolah maupun di lingkungan masyarakat.

3.      Mengikuti Upacara Hari Pahlawan

Hari Pahlawan diperingati oleh bangsa Indonesia setiap tahun pada tanggal 10 November. Peringatan tersebut adalah salah satu upaya yang dilakukan oleh negara untuk mengajak masyarakat terutama pelajar agar selalu mengingat semangat perjuangan dan jasa para pahlawan yang telah gugur.