Cara Mengetik Teks Di Microsoft Excel

Microsoft Excel memang sering kali digunakan sebagai salah satu software pengolah data atau angka. Namun siapa sangka jika spreadsheet yang tersedia di software ini juga bisa digunakan untuk mengetik. Namun cara mengetik teks di microsoft excel memang membutuhkan beberapa keahlian khusus. Jika Anda masih pemula tentunya akan kesulitan saat membuat kalimat atau paragraph didalam Excel.

Mengetik memakai Microsoft Excell memang harus dilakukan oleh orang yang sudah berpengalaman. Apalagi dalam setiap kata atau sel beberapa program spreadsheet memang tidak semuanya bisa menampilkan teks dalam skala panjang. Dikutip dari situs rekomendasi komputizen.com berikut ini cara mengetik sebuah teks didalam Microsoft Excel.

Beberapa Cara Mengetik Teks Di Microsoft Excel

Untuk memulai mengetik memakai Microsoft Excel, maka pengguna memang harus bisa memanfaatkan menu yang disebut Wrap Text. Dengan memanfaatkan menu ini maka tulisan yang hadir dalam setiap kolomnya akan semakin lebih indah dan rata. Apalagi tulisan yang disematkan dalam Excel memang harus dimasukkan dalam sebuah table.

Fungsi wrap text selama ini adalah untuk mempermudah mengatur semua teks yang masuk ke kolom excel menjadi satu atau lebih baris dalam setiap cell. Dengan emmakai fitur wrap teks inilah, Anda akan semakin mudah didalam melebarkan baris teks dan mempermudah melihat teks bisa utuh tidak terpotong. Berikut ini caranya.

  • Silahkan jalankan software Microsoft Excel.

  • Ketik pada sebuah kolom teks panjang yang akan disematkan dalam kolom tersebut. Untuk mempermudah pengeditan silahkan klik dan aktifkan teks tersebut.

  • Pastikan posisi teks berada di tab halaman pertama, dan untuk menampilkan semua kalimat atau paragrap silahkan langsuk klik menu Wrap Teks.

  • Setelah mengaturnya, maka teks oanjang yang terdapat dalam kolom sudah bisa ditampilkan seluruhnya. Jika masih kurang atau terpotong, Anda bisa melebarkan kolom menyesuai panjang teks yang akan ditampilkan.

Namun jika Anda ingin memudahkan menampilkan teks didalam Microsoft excel ada dua cara tercepat yang juga bisa dilakukan. Berikut dua cara itu.

  • Mengetik Langsung di Sel Excel

Sebagian pemakai Excel memang langsung bisa mengetik sebuah teks dengan cara klik pada sel yang diinginkan. Untuk mempermudah silahkan membuat format lebih dulu, jadi teks yang akan dimasukkan akan sesuai dengan kolom yang telah dipersiapkan itu.

Setiap teks yang masuk ke kolom excel memang awalnya tidak akan tampak rapi. Dan untuk merapikan hasil ketikan maka Anda tinggal menggeser kolom dan menyesuaikan lebar kolom dengan panjang teks yang sudah diketik disana. Untuk rata kana kiri bisa masuk ke menu pengaturan diatas atau di toolbar.

  • Mengetik di Text Box

Cara berikutnya untuk mengetik di excel supaya rapi, Anda bisa memakai metode text box atau kotak teks. Cara kedua ini memang dianggap lebih fleksibel. Dimana pemakai juga bisa menyesuakan jumlah baris dan lebar menyesuaikan panjang teks yang masuk ke kolom excel. Inilah langkahnya.

  • Silahkan klik di menu Insert lalu sisipkan teks yang ingin dituliskan disana.

  • Klik Text kemudian pilih menu Text Box. Silahkan memasukkan semua tulisan yang ingin dimaksukkan dalam kolom yang diinginkan.

Itulah penjelasan singkat dikutip dari situs rekomendasi komputizen.com yang mudah serta sederhana. Silahkan mempraktekkan langsung dengan mengikuti beberapa penjelasan diatas. Meski Microsoft Excel berbeda dengan Microsoft Word namun beberapa ikon yang tersedia didalam software ini ternyata memiliki fungsi yang sama. Cobalah!