Cara Mengatasi Wifi Laptop yang Tidak Terdeteksi dengan Beberapa Metode Pengecekan

Wifi merupakan bagian yang cukup penting bagi laptop anda. Anda perlu hal ini untuk mendapatkan koneksi internet secara wireless. Kalau di tempat anda tersedia kabel LAN, anda tentu tidak perlu wifi tersebut. Sayangnya, tidak semua tempat menyedikan kabel LAN ini dan wifi lebih populer.

Untuk itu, anda perlu memastikan bahwa pengaturan wifi anda itu sudah aktif untuk bisa menggunakan koneksi internet dan terhubung ke hotspot yang ada. Ketika kemudian anda tidak bisa terhubung dan tidak ada hotspot yang terdeteksi oleh perangkat komputer anda, itu berarti ada kendala di laptop anda.

Selain masalah wifi di laptop tersebut, tentu ada banyak bentuk masalah lainnya. Anda bisa mengecek dan mengetahui solusinya dengan membuka laman https://majalahgadget.net/ dan di dalamnya sudah tersedia sangat banyak informasi. Untuk urusan wifi yang tidak terdeteksi dan tidak tersedia, ada beberapa cara mengatasinya.

Pertama, anda bisa  mengaktifkan layanan wifi di laptop anda. Masalah yang terjadi bisa saja ada pada konfigurasi wifi anda yang berada dalam kondisi disable sehingga anda perlu mengubahnya menjadi enable. Anda bisa langsung saja klik kanan pada ikon atau simbol wifi yang ada di bagian bawah laptop anda.

Dari hal itu, anda akan menemukan beberapa pilihan dan yang anda butuhkan adalah Open Network and Sharing Center. Anda sebenarnya bisa juga mengaksesnya dari control panel. Setelah muncul jendela baru di layar laptop anda, anda memilih Change Adaptor settings. Di sana akan tersedia ikon wifi dan anda bisa klik kanan pada ikon itu untuk menemukan opsi enable. Anda bisa langsung memilihnya saja dan melakukan restart agar pengaturan itu segera aktif.

Kalau itu masih belum berhasil, anda perlu masuk ke WLAN AutoConfig. Pada bagian ini, anda tidak lagi membuka control panel atau Open Network and Sharing Center seperti yang ada di cara pertama. Anda perlu masuk ke windows service. Anda bisa mengetikkan saja kata “service” pada kolom pencarian. Nantinya, akan muncul tampilan menu dengan banyak opsi di dalamnya.

Anda langsung saja mencari WLAN AUtoConfig dan klik kanan pada menu tersebut. Anda pilih Properties. Lalu, ada tampilan baru dan anda pilih Automatic pada Startup Type. Lalu, anda bisa coba jalankan kalau itu ada dalam mode disable atau stop. Untuk memastikan konfigurasi ini berubah, anda bisa restart laptop anda.

Kendala lain yang terjadi bisa saja ada pada driver anda. Driver wifi bisa saja tidak update atau mengalami error. Solusinya adalah dengan melakukan update. Untuk caranya, anda bisa masuk ke bagian Device Manager. Anda bisa mengetikkan saja di bagian search agar lebih mudah.

Setelah sudah terbuka, anda bisa mencari bagian Network Adapter untuk mencari driver wifi yang terpasang atau tersedia di laptop anda. Setelah anda temukan, anda cukup klik kanan pada driver itu dan pilih update. Kalau muncul opsi Search Automatically for Updated Driver Software, itu anda pilih saja. Kalau update sudah selesai, anda bisa restart laptop anda itu dan anda coba apakah wifi sudah bisa berfungsi.

Kalau beberapa cara itu tidak bisa diakses, anda bisa memastikan bahwa memang ada koneksi internet. Anda bisa mencobanya dari gawai anda. Kalaupun tidak, anda bisa mengaktifkan wifi laptop anda dan mencoba tethering dari smartphone untuk memastikan bahwa wifi anda  memang bisa menangkap sinyal internetnya.

Kalau cara ini berhasil tapi wifi dari router wifi tidak terdeteksi, bisa saja masalah ada pada router dan itu bisa coba anda restart. Bila router pun berjalan normal dan anda bisa mengakses wifi dari smartphone anda, masalah bisa saja memang ada pada laptop anda dan sebaiknya anda membawanya ke service center untuk mendapatkan perbaikan.