3 Cara Mengatasi Demam pada Anak yang Dapat Dilakukan di Rumah

Demam adalah gejala umum yang terjadi ketika infeksi masuk ke dalam tubuh. Dan demam tersebut merupakan pertanda bahwa sistem kekebalan tubuh sedang aktif bekerja. Meskipun begitu, setiap orang tua pasti khawatir ketika anaknya mengalami demam. Oleh karena itu, yuk cari tahu cara mengatasi demam pada anak yang bisa dilakukan di rumah.

Mengatasi Demam pada Anak

  1. Kompres Menggunakan Air Hangat

Cukup banyak orang yang salah kaprah mengenai hal ini. Karena suhu tubuh meningkat, maka tubuh dikompres menggunakan air dingin. Padahal yang benar adalah kompres menggunakan air hangat. Karena dengan mengaplikasikan kompres air hangat, maka otak akan merespon dan menurunkan suhu tubuh menjadi lebih dingin.

  1. Menyejukkan Tubuh Anak

Satu lagi kesalahan yang umum terjadi ketika anak mengalami demam, yaitu dengan menyelimuti mereka dengan pakaian dan selimut tebal. Padahal selimut tebal justru bisa mengganggu mekanisme tubuh dalam mengeluarkan keringat dan panas. Sehingga akan lebih baik jika tidak menggunakan pakaian yang terlalu tebal atau selimut berlapis ketika tidur.

  1. Minum Banyak Cairan

Pada kondisi demam, tubuh akan berusaha mengeluarkan keringat dan panas. Jadi anda perlu memastikan anak tidak kekurangan cairan untuk membantu mengatasi demam. Namun meminta anak minum air putih mungkin cukup sulit pada kondisi seperti itu. Sebagai alternatif, anda bisa memberikannya kaldu ayam hangat, jus buah encer, atau bahkan popsicle dari buah yang dibekukan.

Jika perlu, anda pun dapat memberikan obat penurun panas seperti paracetamol atau ibuprofen untuk mengatasi demam pada anak. Namun pastikan bahwa dosis yang digunakan memang sesuai dengan aturan pakai. Apabila demam tidak kunjung turun, segera periksakan ke dokter.