5 Cara Mengatasi Baterai HP yang Tidak Penuh 100 % Bekerja

Cara mengatasi baterai HP yang tidak penuh sebenarnya bukanlah perkara yang sulit. Maka dari itu jangan panik dulu jika tiba-tiba mengalami kendala saat Anda mengisi daya (charging) HP. Misalnya seperti proses yang lambat hingga daya yang tak kunjung bertambah.

Apakah Anda pernah mengalami permasalahan semacam itu? Sebenarnya ini bukanlah permasalahan yang serius. Cara mengatasinya pun bisa dikatakan cukup mudah. Sayangnya banyak yang belum tahu.

Namun sebelumnya penting juga untuk mencari tahu apa penyebab baterai HP yang tidak penuh saat diisi. Nah, mengutip dari website efyei berikut penyebab baterai HP yang tidak penuh saat diisi dan bagaimana cara mengatasinya.

Penyebab Baterai HP yang Tidak Penuh Saat Diisi

Baterai HP yang tidak bisa penuh saat diisi bisa disebabkan oleh banyak hal. Bahkan ternyata baterai HP yang sehat saja bisa terbaca oleh sistem rusak. Kondisi ini bisa terjadi karena ada beberapa proses yang salah pada saat booting sistem Android.

Penyebab paling banyak kerusakan pada baterai HP karena proses pengecasan yang salah. Seringnya pengguna menggunakan charger KW untuk mengecas HP-nya. Arus yang kurang stabil akan mengurangi umur baterai HP.

Masalah lain yang menyebabkan baterai HP tidak penuh saat diisi adalah terjadi masalah pada perangkat lunak atau software dari HP. Kondisi ini paling sering terjadi pada HP yang sudah dilakukan upgrade sistem Android atau yang sering disebut BUG setelah update.

Kemudian, adanya kerusakan-kerusakan pada sistem HP juga bisa berakibat terjadinya salah baca persentase baterai. Jika Anda sedang mengalami masalah seperti ini, tidak perlu panik. Coba atasi dengan beberapa trik berikut ini.

Mengatasi Baterai HP yang Tidak Penuh

Untuk Anda yang tengah mengalami permasalahan pada baterai ini, berikut cara mengatasi baterai HP yang tidak penuh:

  1. Cek Kabel Pengisian Daya

Coba Anda cek kabel pengisian daya. Kenapa demikian? Umumnya, jika mengisi daya menggunakan kabel yang bukan pasangan dari adaptor (kepala charger), seringnya akan ada masalah pada proses pengisian daya. Misalnya saja seperti lambatnya proses pengisian. Hal itu pun ternyata juga bisa terjadi jika kabel sering digulung.

Maka dari itu, ada baiknya untuk memastikan mengisi daya HP dengan kabel yang tidak tertekuk atau tergulung. Jika masih saja tak berhasil, Ada baiknya untuk coba menggunakan kabel lain.

  1. Periksa Stop Kontak

Bisa jadi permasalahannya ada pada stop kontak. Artinya Anda perlu memutuskan atau mematikan sirkuitnya lebih dulu.

  1. Adaptor

Pastikan kabel dan adaptor benar-benar terhubung dengan benar. Dengan demikian maka proses mengisi daya HP akan lancar. Jika adaptor charger bermasalah, seringnya daya tidak akan bertambah.

Untuk memastikannya, coba Anda isi daya HP menggunakan PC atau Laptop dengan kabel data. Jika ternyata tidak bermasalah, itu artinya adaptor Anda yang bermasalah. Atau bisa jadi adaptor tidak cocok dengan baterai HP.

  1. Pastikan Port Pengisian Daya Bersih

Dalam proses isi daya baterai, lubang pengisi daya pada HP juga memiliki peran penting. Maka dari itu, coba bersihkan lubang colokan dengan angin dengan tekanan. Jika ternyata ada masalah lanjutan pada port, maka segera bawa ke tempat service HP terdekat.

  1. Restart HP

Penting untuk diketahui jika pembaruan software pada HP berpotensi besar mengonsumsi daya lebih banyak daripada versi sebelumnya.  Terlebih lagi jika ada bug di dalamnya.

Jika ini yang terjadi, coba matikan dan nyalakan kembali HP Anda. Tujuannya adalah untuk memastikan fungsi HP berjalan dengan normal. Jika ternyata ada masalah, maka Anda harus menunggu pembaruan yang mengatasi bug tersebut.

Itulah penyebab baterai HP tidak terisi penuh dan cara mengatasinya. Semoga ulasan cara mengatasi baterai HP yang tidak penuh ini bisa sedikit membantu permasalahan Anda.