Mudah! Yuk Intip Cara Membuat Struktur Organisasi Di Word Dengan Cepat Dan Rapih!

MS Word merupakan aplikasi yang wajib berada di dalam laptop, terlebih bagi anda yang sedang kuliah atau kerja kantoran. Salah satu fungsi yang bisa dijalankan oleh aplikasi tersebut adalah membuat bagan atau chart. Bagi anda yang masih bingung bagaimana langkahnya, yuk intip cara membuat struktur organisasi di Word sebagai berikut!

Cara Mudah Membuat Struktur Organisasi

  1. Membuka Tab Insert Atau Sisipkan

Ketika anda membuka MS Word, pasti ada banyak sekali tab berderet yang ada di bagian atas halaman. Untuk membuat sebuah bagan, maka anda perlu masuk ke menu insert atau sisipkan. Tulisan “insert” muncul jika anda menggunakan MS Word dengan pengaturan bahasa Inggris. Namun jika anda memakai bahasa Indonesia, maka tulisan tab nya menjadi “sisipkan”.

Setelah di klik, anda lihat bagian ilustrasi dan disana ada menu SmartArt. Menu tersebut memiliki simbol berupa tanda panah ke arah kanan dengan teks boks di bagian depannya. Klik menu tersebut sebanyak satu kali untuk membuka opsi lebih lanjut. Lokasi menu SmartArt berada persis di sebelah shape dan bagan.

  1. Pilih Opsi Hierarki

Ketika anda membuka menu SmartArt, maka anda akan dihadapkan pada pertanyaan lebih lanjut terkait dengan tipe grafik yang hendak dipilih. Beberapa opsi yang muncul adalah proses, siklus, hubungan, matriks, hierarki, dan masih banyak lagi. Namun untuk membuat sebuah bagan organisasi, maka menu yang anda pilih adalah hierarki.

Klik bagian tersebut sebanyak satu kali, maka akan muncul pilihan bagan di sisi panel sebelah kanan. Anda bisa pilih salah satu bentuk bagan yang diperlukan dan sesuai dengan kebutuhan dokumen yang hendak dibuat. Versi normal atau basic berada di row paling atas sebelah kiri. Model itulah yang paling sering dipakai untuk membuat sebuah bagan struktur organisasi.

  1. Masukkan Teks Sesuai Kebutuhan

Setelah memilih bentuk bagan yang diinginkan, maka anda hanya perlu tekan tombol OK di bagian bawah. Setelah itu, halaman MS Word akan sedikit berubah karena muncul panel teks di bagian kiri. Anda bisa mengubah teks tersebut dengan tulisan yang diinginkan, misalnya nama orang atau posisi seseorang di dalam hierarki organisasi.

Tulisan tersebut bisa diganti ganti, sehingga anda masih bisa merevisinya beberapa kali. Setelah itu, edit bentuk bagan mulai dari ukuran  dan warna kotak. Anda bisa mengubahnya sesuai kebutuhan dengan memilih style yang diperlukan di bar bagian atas. Font dan ukuran tulisan juga bisa disesuaikan dengan praktis dan mudah.

  1. Jika Panel Teks Tidak Terlihat, Klik Kontrol

Sejatinya step yang perlu anda lakukan untuk membuat bagan organisasi sudah selesai sampai pada editing bagan. Namun ada kalanya, beberapa pengguna MS Word menjadi kesulitan karena tidak ada panel teks di sisi halaman padahal sudah klik model bagan. Jika anda mengalami hal demikian, maka klik menu kontrol atau tanda panah yang berlokasi persis di sebelah grafik SmartArt.

Nantinya opsi edit teks akan muncul sehingga anda bisa mengubah atau mengisinya sesuai dengan kebutuhan. Ketika semuanya sudah selesai, maka cukup edit tubuh bagan seperti yang diinginkan. Cara membuat struktur organisasi di Word ini cukup mudah dan tidak memakan waktu lama meskipun anda masih pemula.

Hingga saat ini MS Word masih terus memproduksi versi terbaru dari MS office. Setiap versi bisa memiliki tampilan wajah halaman yang berbeda. Pada intinya, anda hanya perlu menemukan menu SmartArt, karena lebih cepat dibandingkan dengan memakai menu shape. Tidak heran jika tips ini cukup diburu, sama halnya dengan cara menghapus halaman kosong di Word.