Cara membersihkan kotoran telinga dengan efektif

Ada beberapa cara membersihkan telinga agar Anda tetap aman saat membersihkan kotoran telinga yang menumpuk.

Penggunaan obat tetes telinga

Menggunakan obat tetes telinga yang dijual bebas di apotek dan toko obat adalah salah satu cara untuk membersihkan kotoran telinga Anda. Obat ini dapat melunakkan gumpalan darah dan membuat tinja lebih mudah dikeluarkan.

Selama 2-3 hari setelah menggunakan pelembut kotoran telinga, miringkan kepala Anda untuk mengoleskan air hangat ke saluran telinga yang sakit dan miringkan kepala Anda ke sisi lain untuk menghilangkan kotoran telinga. Kuras air dari saluran telinga dan keringkan dengan handuk.

Cara ini juga berisiko memperdalam kotoran telinga yang melunak ke dalam saluran telinga. Karena itu, jika earbud Anda tidak berkurang, segera periksakan ke dokter.

Perawatan medis

Jika kotoran telinga menumpuk dan sulit dikeluarkan, Anda bisa pergi ke dokter. Dokter biasanya menggunakan alat khusus untuk menghilangkan kotoran telinga atau menggunakan alat penghisap.

Langkah lain yang mungkin direkomendasikan dokter adalah prosedur pembersihan telinga. Prosedur ini dilakukan dengan mengalirkan air hangat untuk menghilangkan kotoran telinga.

Itulah tadi cara membersihkan kotoran telinga. Namun perlu diperhatikan jika penumpukan kotoran telinga berulang, dokter mungkin menyarankan metode pembersihan telinga dengan obat seperti karbamid peroksida yang harus digunakan sesuai petunjuk dokter.