Cara Awal Mengajari Anak TK Berhitung

Mengajarkan anak berhitung di usia golden age merupakan pilihan tepat yang harus dilakukan oleh para orangtua. Sebab, pada masa tersebut, pembentukan saraf secara mendasar sudah membaik.Pada tahap itu, kuantitas dan kualitas sambungan sel saraf anak ikut menentukan kecerdasan otak si kecil.Sayangnya mengajarkan anak belajar berhitung bukanlah hal yang mudah.

Pasalnya, si kecil bisa saja kebingunga atau tidak berkonsentrasi dengan baik. Berhitung sendiri merupakan salah satu kemampuan akademik dasar yang mulai diajarkan pada anak yang memasuki TK. Nah, untuk mempermudah Anda para orangtua mengajari si kecil berhitung, berikut ini beberapa cara mengajari anak TK berhitung:

  • Menghitung makanan

Cara pertama, Anda dapat mengajarkan si kecil berhitung angka 1,2,3 dan seterusnya saat mereka sedang makan. Misalnya, Anda menaruh 2 koin coklat pada tangan mungil si kecil .Lalu katakana, “ini ada 2 butir coklat untuk Adik”.

 

  • Belajar berhitung melalui lagu

Anda juga bisa mengajarkan anak berhitung melalui lagu.Salah satu lagu yang berkonsep berhitung yakni lagu satu-satu aku sayang ibu.Nah, Anda dapat menyanyikan lagu tersebut sambil memeragakan dengan jari. Anda juga bisa mengajarkan si kecil dengan lagu balonku ada lima agar dapat melatih logika si kecil dalam melatih kemampuan berhitung anak lebih tinggi.

 

Selain menggunakan lagu bahasa Indonesia, Anda juga bisa mencari lagu anak berbahasa Inggris.Sebab, biasanya terdapat banyak lagu anak berbahasa Inggris yang berkonsep hitungan.