Fakta Menarik Burung Bangau Tong tong

Bangau tongtong memiliki nama latin Leptoptilos Javanicus yang mempunyai bentuk besar dengan berat 5 kg. Awalnya bangau tong tong ini habitatnya berada di India. Kemudian menyebar sampai pulau Jawa dan suka berada di lahan yang basah.

Keunikan Bangau Tongtong

Bangau Tongtong dapat ditemukan di rawa-rawa, persawahan, dan dekat pantai. Bangu jenis ini mempunyai bulu berwarna dominan hitam. Untuk tingginya bisa mencapai 110 cm- 120 cm masih setara dengan bangau yang lain. Berikut keunikan bangau Tongtong yang perlu diketahui:

  1. Memiliki Kepala yang Botak

Keunikan yang paling terlihat dari bangau Tongtong adalah memiliki kepala dan leher yang botak. Selain itu, bangau jenis ini juga memiliki leher yang panjang.

  1. Berjalan Tegap

Jika mengamati jalannya bangau Tongtong, mungkin Anda akan menilai bahwa Tongtong memiliki jalan yang tegap seperti para anggota militer. Apalagi jika berjalandengan sekawanan bangau Tongtong, jalan pun akan terlihat kompak dan menggemaskan.

  1. Terbang Seperti Pesawat Lepas Landas

Cara terbang burung bangau Tongtong ini terlihat seperti tengah memberi aba-aba terlebih dahulu. Berlari dan barulah terbang dengan konsisten seperti pesawat yang sedang lepas landas. Pastinya ini akan menjadi pemandangan yang unik dan menarik bagi manusia.

Sebuah fakta yang tidak diketahui orang banyak, bahwa bangau Tongtong ini merupakan spesies paling sedikit diantara bangau-bangau. Keberadaan di bumi pun sudah hampir punah. Maka burung bangau Tongtong ini termasuk satwa yang dilindungi.