Beragam Jenis Bunga yang Populer di Indonesia dan Maknanya

Bunga menjadi salah satu unsur keindahan dan menjadi favorit untuk banyak orang. Apalagi di Indonesia juga sudah tumbuh subur berbagai bunga-bunga yang cantik dan seringkali dijadikan sebagai hiasan, dijadikan sebagai kado bahkan ada juga yang dijadikan sebagai sebuah rangkaian buket atau bahkan sampai dengan dijadikan dan dirangkai untuk dibuat karangan bunga.

Makna dan Manfaat Dekorasi dengan Bunga

Bunga adalah sebuah elemen dekorasi yang bisa dibilang cukup cantik dan juga manis. Bahkan kesegaran dari bung aini bisa membuat sebuah ruangan yang polos bisa berubah menjadi jauh lebih cantik dan juga manis. Bunga biasanya dijadikan sebagai sebuah dekorasi untuk berbagai tempat dan area. Baik itu untuk di ruangan seperti di rumah, di sebuah tempat acara ulang tahun, di acara pernikahan dan lainnya.

Bunga-bunga yang tumbuh subur di Indonesia ini sendiri bukan hanya bunga yang tumbuh dengan berbagai bentuk, jenis, warna dan aroma saja. Semua bunga yang tumbuh bahkan memiliki sebuah makna. Makna inilah yang nanti bisa dihubungkan dan dijadikan sebagai sebuah bahan pertimbangan untuk diberikan kepada seseorang apalagi seseorang yang kita sayangi atau orang yang kita cintai.

Pilihan Jenis Bunga dan Maknanya di Indonesia

Sebelum memberikan sebuah bunga kepada seseorang yang kita sayangi atau orang yang kita cintai, maka ada baiknya jika kita mengenali terlebih dahulu beberapa jenis dan pilihan bunga yang bisa dipilih dan diberikan kepada seseorang. Untuk beberapa jenis bunga yang sering diberikan juga biasanya menjadi sebuah kategori bunga favorit atau bunga yang popular di Indonesia. Nah, untuk beberapa jenis bunga yang popular dan terkenal di Indonesia adalah:

  • Edelweiss (Anaphalis Javanica)

Bunga pertama adalah bunga Edelweiss. Bunga ini adalah salah satu bunga yang tidak asing apalagi bagi sejumlah pendaki gunung. Sebab, bunga Edelweiss ini adalah bunga yang tumbuh di sekitar pegunungan dengan ketinggian sekitar 3000 mdpl. Maka dari itulah bung aini biasanya ditemukan di puncak-puncak gunung saja. Edelweiss sendiri juga menjadi salah satu bunga yang sering diincar untuk dijadikan sebagai koleksi. Bahkan bunga ini juga seringkali dijadikan sebagai bunga abadi karena bung aini mampu bertahan lama.

Bunga Edelweiss sendiri adalah jenis bunga yang juga termasuk sebagai salah satu tanaman endemic yang banyak ditemukan di beberapa daerah baik di Pegunungan Jawa, Sumatera Selatan, Sulawesi Selatan sampai dengan Lombok. Meskipun nantinya area penyebaran dari bung aini cukup banyak, namun bung aini justru mengalami kelangkaan. Seperti di daerah Gunung Bromo Jawa Timur menyatakan apabila bunga ini sudah termasuk sebagai bunga yang langka.

  • Bunga Anggrek (Orchidaceae)

Jenis bunga kedua adalah bunga Anggrek. Bunga ini adalah bunga yang merupakan bunga yang memiliki sifat epifit. Bunga ini bahkan menjadi salah satu bunga nasional yang dijuluki dengan sebutan puspa pesona untuk salah satu jenis bunga Anggrek Bulan. Anggrek atau Orchidaceae memiliki keunikan tersendrii dibandingkan dengan tanaman-tanaman bunga yang lainnya. Anggrek hidup ini biasanya membutuhkan matahari namun intensitasnya sebesar tanaman-tanaman yang lainnya. Maka dari itulah beberapa tanaman Anggrek ini ditemukan di kedalaman hutan yang akan tumbuh di pepohonan besar di bawah batu maupun semak belukar. Untuk habitat dari Anggrek ini bisa ditemukan di seluruh dunia terkecuali di Antartika.

  • Bunga Mawar (Rosa Hybrida)

Jenis bunga yang lain dan tumbuh subur di Indonesia adalah jenis bunga yang memiliki julukan sebagai Queen of Flower. Bunga ini sengaja memiliki julukan ini karena bung aini sendiri memiliki bentuknya yang indah bahkan memiliki aroma yang khas dan juga menarik. Bunga mawar ini juga memiliki beberapa warna-warna yang terang baik itu merah, merah muda, putih sampai dengan ungu. Beberapa bung aini juga terbagi menjadi beberapa jenis sesuai dengan habitat tumbuhnya seperti Hybrid tea, Floribunda, Polyantha, Grandiflora, dan Climbing rose.

  • Hybrid Tea adalah bunga tunggal yang memiliki ukuran lebih besar. Kemudian memiliki tangkai yang lebih Panjang. Selain itu, memiliki susunan bunga yang kompak. Bahkan jenis bunga ini juga sering dijadikan sebagai sebuah bunga potong.

  • Floribunda adalah bunga yang memiliki tangkai dengan ukuran yang cukup Panjang dengan bunga yang saling beradu menjadi satu di dalam sebuah rangkaian yang cukup besar.

  • Polyantha adalah salah satu jenis bunga dengan ukuran yang kecil.

  • Grandiflora adalah sebuah gabungan dari bunga mawar dengan jenis hybrid tea dan juga floribunda. Sehingga bunga ini juga sering dijadikan sebagai bunga potong maupun tanaman untuk ditanam.

  • Climbing rose adalah bunga mawar yang tumbuhnya secara merambat dengan beberapa jenis bunga yang bervariasi mulai dari bunga tunggal sampai dengan bunga rangkap.

  • Bunga Melati (Jasminum)

Berikutnya, untuk jenis bunga yang popular di Indonesia adalah bunga melati. Jenis bunga ini merupakan sebuah tanaman perdu yang memiliki ciri batang tegak dan hidup secara menahun. Selain itu, bung aini juga memiliki warna putih dan juga ungu bahkan memiliki wangi yang cukup khas. Biasanya, untuk aroma dari bunga melati ini bahkan dimanfaatkan untuk membuat kosmetik, pewangi pakaian sampai dengan pewangi ruangan. Selain itu, bunga melati juga sering dijadikan bahan untuk medis dan juga aroma pada teh.

Bunga melati juga termasuk sebagai salah satu pohon zaitun yang juga masuk dalam semak serta tanaman merambat dengan 200 jenis species yang tersebar di berbagai belahan dunia apalagi yang memiliki iklim tropis dan juga hangat seperti di Eurasia, Australia dan juga Oceania.

  • Bunga Matahari (Healianthus Annuus)

Bunga berikutnya adalah bunga matahari. Bunga matahari adalah sebuah bunga yang memiliki warna kuning dengan warna gelap yang ada di bagian tengahnya. Bunga matahari juga memiliki diameter 4,8 sampai dengan 9,6 cm. Bunga matahari sendiri memiliki batang yang tumbuh tinggi dengan akar merambat maupun akar yang berbonggol besar.

Bunga matahari sendiri menjadi salah satu bunga yang sifatnya musiman. Bunga matahari adalah salah satu jenis bunga yang berasal dari negara Meksiko dan Peru yang ditanam sebagai sebuah komoditas dari perkebunan. Meskipun begitu, bunga matahari sendiri adalah bunga yang diakui dari negara Tiongkok sebagai sebuah negara nasional mereka dan juga diakui oleh negara khususnya bagian Kansas, Amerika Serikat. Diberi nama sebagai bunga matahari sendiri karena bentuknya sendiri seperti bunga matahari yang sedang bersinar. Selain itu, bunga mataari juga unik karena arah tumbuhnya menghadap matahari dan diistilahkan dengan sebutan pengelana matahari.

Jadi, itulah Sebagian jenis dari bunga-bunga yang popular di Indonesia dan menjadi bunga favorit bagi banyak orang. Beberapa jenis bunga di atas adalah Sebagian kecil dari berbagai jenis bunga yang menjadi favorit di Indonesia. Selain beberapa bunga di atas, ada juga berbagai bunga lain yang menjadi favorit seperti bunga Hydrangea Serrata, bunga tulip, bunga anggrek dan masih banyak jenis bunga lain yang pastinya tak kalah cantik dan tak kalah untuk menjadi favorit banyak orang.

Macam-Macam dan Jenis Karangan Bunga

Bunga merupakan symbol ungkapan rasa hati dan beberapa sudah mulai membuat berbagai inovasi terbaru selama menciptakan berbagai rangkaian bunga. Beberapa jenis bunga juga sudah cukup bervariasi seluruh perayaan. Baik itu perayaa, pesta, kematian, wisuda, peresmian wisuda dan lain sebagainya. Beberapa karangan bunga yang bisa dipilih diantaranya adalah:

  • Papan Karangan Bunga

Bunga papan atau papan karangan bunga adalah sebuah papan yang bentuknya persegi empat pada umumnya menggunakan beberapa ukuran. Untuk ukurannya adalah 2X1,25 M, 2X1.5, 2X1.8,2X2. Bahkan selain ukuran ini ada juga beberapa ukuran yang lebih besar yang tentunya bisa disesuaikan dengan pihak pemesannya.

  • Karangan Bunga Krans

Jenis karangan bunga selanjutnya adalah karangan bunga krans. Karangan bunga ini cukup sederhana karena berbeda dengan papan karangan bunga. Krans sendiri menjadi sebuah contoh karangan bunga bulat lonjong. Karangan bunga krans biasanya digunakan untuk memberikan ucapan selamat maupun duka cita bagi seseorang.

  • Karangan Bunga Standing Flower

Karangan bunga satu ini adalah karangan bunga yang memiliki keunikan tersendiri. Bunga standing ini biasanya juga diberikan untuk beberapa buah tangan atau sebagai sebuah sarana dari perwakilan atas kehadiran sejumlah acara penting baik pernikahan, peresmian, grand opening dan lain sebagainya. Keunikan dari jenis bunga ini bisa berdiri sendiri apabila diletakkan di bagian samping pintu dan juga area luar rumah. Bunga standing juga memiliki ukuran yang lebih dari 1 meter.

  • Karangan Bunga Hand Bouquet

Jenis karangan berikutnya adalah karangan yang memiliki peminat cukup banyak karena tampilannya dibentuk seperti bunga yang menjalar dan bisa dibilang sebagai sebuah bunga tangan. Karangan bung aini bahkan berbeda dibandingkan dengan beberapa jenis bunga yang lainnya.

  • Karangan Bunga Meja

Karangan bunga meja sendiri adalah karangan bunga yang akan diletakkan di atas meja. Untuk jenis karangan bung aini sendiri adalah sebuah karangan yang memiliki penambah desain interior ruangan maupun digunakan untuk menghilangkan kejenuhan akan ruangan. Hal ini juga bisa memberikan dekorasi agar ruangan tampak lebih cantik.

Pilihan Jasa Terbaik untuk Pembuatan Rangkaian Bunga

Jadi, itulah beragam jenis bunga-bunga yang cantik di Indonesia. Bahkan beberapa jenis bunga di atas adalah jenis-jenis bunga yang popular di Indonesia. Beberapa jenis bung aini adalah bunga yang bisa ditemukan dengan mudah di beberapa toko bunga. Apalagi di atas juga sudah diinformasikan terkait beberapa jenis rangkaian bunga yang bisa diberikan kepada orang-orang tersayang. Apalagi dengan memberikan buket bunga atau memberikan sebuah karangan bunga.

Saat akan memberikan sebuah buket bunga maupun karangan bunga untuk orang-orang tersayang, pastinya Anda juga harus paham bahwa dalam menentukan jasa atau penjual bunga yang tepat harus dipilih. Apalagi jasa yang harus dipilih juga disarankan seorang jasa yang sudah professional. Selama menentukan jasa yang professional ini, Anda bisa menemukan referensinya di internet. Nah, sebagai sebuah rekomendasi akan jasa pembuatan bunga baik buket bunga, karangan bunga dan beberapa jenis rangkaian bunga lain, Anda bisa percayakan di jasa https://manado.aliciaflorist.com/. Anda hanya perlu menyesuaikan dengan kebutuhan pembuatan bunga yang akan digunakan nantinya.