Manfaat Buah Kesemek Untuk Kesehatan

Apakah kamu pernah makan buah kesemek, ternyata buah ini memiliki banyak nutrisi dan vitamin yang baik untuk kesehatan tubuh loh. Untuk mengetahui manfaat buah kesemek untuk kesehatan, yuk simak penjelasan berikut.

1. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Buah kesemek mengandung antioksidan yang bermanfaat sebagai anti kanker dan juga membantu untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Di dalam buah kesemek mengandung asam askorbat atau vitamin C yang tinggi. Sehingga mengkonsumsi buah kesemek sudah bisa memenuhi sekitar 80 persen kebutuhan nutrisi ini ke dalam tubuh.

2. Menyehatkan sistem pencernaan

Selain itu, manfaat buah kesemek untuk kesehatan selanjutnya adalah baik untuk kesehatan sistem pencernaan. Karena buah kesemek mengandung serat yang baik untuk merangsang peristaltik usus untuk mengegrakan makanan.

Mengkonsumsi buah kesemek dapat membantu sistem pencernaan bekerja lebih baik sehingga terhindar dari diare, sembelit, dan juga bisa membantu mengurangi gejala diabetes.

3. Anti-kanker

Kandungan antioksidan yang ada di dalam buah kesemek juga bermanfaat sebagai pencegah kanker dan mengurangi risiko perkembangan tumor di dalam tubuh. Kandungan asam Betulinic telah terbukti bisa menjadi senyawa anti kanker yang baik untuk tubuh.

Jika kamu memiliki tumor di dalam tubuh, mengkonsumsi buah kesemek bisa mengecilkan ukuran dan mengentikan perkembangan tumor menjadi kanker. Kandungan Vitamin C dan A yang tinggi serta fenolik seperti gallocatechin dan katekin ini sangat baik untuk pencegahan berbagai jenis kanker.

4. Anti-penuaan

Vitamin yang terkandung di dalam buah kesemek seperti vitamin A, cryptoxanthins, likopen, lutein, dan beta karoten berfungsi sebagai antioksidan dan membantu mencegah tanda penuaan dini. Seperti bintik hitam, keriput, kelelahan, kelemahan otot dan tanda penuaan lainnya.

5. Baik untuk kesehatan penglihatan

Buah kesemek juga baik untuk kesehatan mata, karena kandungan seperti Zeaxanthin di dalamnya yang merupakan komponen vitamin B kompleks. Secara langsung akan meningkatkan kesehatan mata dan mecegah penyakit mata seperti rabun senja, katarak dan degenerasi makula.