Sesuai Sunnah, Berikut Amalan Sebelum Tidur yang Bisa Dikerjakan

Ada banyak teladan yang bisa diambil dari kehidupan sehari-hari Rasulullah SAW. Salah satunya yang bisa diterapkan yakni adab tidur. Hal ini juga sudah disebutkan dalam firman Allah SWT di QS. Ali Imran ayat 191, dimana disbeutkan orang-orang yang mengingat Allah dalam berdiri atau duduk maupun dalam kondisi berbaring. Dan berikut amalan Rasulullah saat akan tidur.

Amalan yang Dilakukan Rasulullah Saat Akan Tidur

  1. Berwudhu

Sebelum tidur, hendaknya untuk mengambil wudhu terlebih dahulu. Berwudhu menjadi amalan sunnah yang dicontohkan oleh Baginda Nabi Muhammad sebelum beliau tidur. Hal ini berdasarkan dari hadist Al Bara bin Azib, dimana Rasulullah bersabda “Jika engkau hendak mendatangi tempat tidurmu, hendaklah bewudhu seperti akan shalat dan bebaring pada sisi kanan badanmu” (HR. Al Bukhari Nomor 247 dan Muslim nomor 2710)

Menurut Imam Nawawi, seorang ulama yang berasal dari Damaskus menjelaskan jika alasan mengambil wudhu sebelum tidur agar tetap suci dari hadis. Sunnah tersebut juga disebutkan dalam kita yang judulnya Al Adzkar. Mengingat kematian yang bisa datang kapan saja, bahkan saat kita tidur sekalipun kematian juga bisa menjemput.

  1. Menyegerakan Tidur Setelah Sholat Isya

Amalan yang bisa anda terapkan berikutnya adalah penerapan waktu tidur. Waktu tidur yang dianjurkan yakni tidak terlalu cepat juga tidak terlalu malam. Riwayat dari Abi Barzah menyebutkan “Rasulullah Shallallahu ‘alaiihi wa sallam membenci tidur sebelum ‘Isya dan mengobrol setelahnya” (HR. Bukhari). Maka dari itu sebaiknya setelah sholat isya’ segera tidur.

  1. Mengibas Kasur Sebelum Tidur

Saat hendak tidur, disunahkan untuk mengibas kasur pada bagian dalam sarungnya sebanyak tiga kali sembari membaca basmalah. Sunnah ini berdasarkan hadist Abu Hurairah, Rasulullah bersabda “Jika salah seorangg di antara kamu akan mendatangi tempat tidur, hendaknya mengibas bagian dalam kasurnya. Karena tidak tahu apa yang ada di dalamnya.

Kemudian mengucapkan Bismika rabbi wadha’tu janbi yang artinya Dengan nama-Mu Wahai Tuhanku, aku baringkan punggungku” (HR Bukari nomor 247 dan Muslim nomor 2710). Sunnah ini juga memberikan manfaat agar tidur anda lebih nyaman dan aman. Karena bagian kasur di bersihkan dan diperiksa dahulu sebelum tidur.

  1. Membaca Doa Sebelum Tidur

Sebelum tidur juga hendaknya untuk berdoa terlebih dahulu. Sebenarnya kebiasaan ini juga sudah diajarkan sejak kecil dengan tujuan agar tidak mimpi buruk. Doa yang dianjurkan sendiri yakni Bismika allahumma amuutu wa ahya’ yang artinya “Dengan namaMu, Ya Allah aku mati dan aku hidup” mengingat kita saat tidur dalam kondisi sadar dan tidak sadar.

  1. Membaca Ayat Kursi

Selain membaca doa sebelum tidur, disunnahkan juga untuk membaca ayat kursi sebelum tidur. Keutamaan membaca ayat kursi sebelum tidur yaitu melindungi diri dari gangguan setan sampai pagi hari. Anda juga bisa mendengarkan ayat kursi mp3 sebelum tidur agar semakin nyenyak.

  1. Membaca Surat Pendek

Amalan sebelum tidur yang juga bisa diamalkan yakni membaca surat pendek. Anda bisa melanjutkan setelah membaca ayat kursi dengan bacaan surat pendek seperti Al Ikhlas, An Nas dan Al Falaq. Menurut hadist HR Muslim, Rasulullah SAW juga kan mengusap dua tangan dari atas kepala hingga badan semampunya setelah membaca surat pendek tersebut.

Amalan Rasulullah yang dilakukan sebelum tidur, tentu bisa menjadi teladan yang juga kita tiru dan amalkan. Selain mendapatkan pahala, juga agar selama tidur dalam lindungan Allah. Apalagi amalan yang dikerjakan sebenarnya tidak terlalu berat dan juga menggunakan doa yang sehari-hari sudah dilakukan.

Scroll to Top